Sukses


Striker Timnas Indonesia U-20 Ungkap Dua Perkembangan Pesat usai Ikuti TC Jangka Panjang di Eropa

Bola.com, Sleman - Penyerang Timnas Indonesia U-20, Hokky Caraka, mengakui bahwa dirinya mengalami sejumlah peningkatan signifikan usai mengikuti pemusatan latihan (TC) jangka panjang di Eropa.

Timnas Indonesia U-20 menjalani rangkaian pemusatan latihan di Turki dan Spanyol. Pelatih Shin Tae-yong, dalam TC tersebut, menginginkan anak asuhnya mendapatkan pelajaran penting.

Sepulang dari TC di Eropa, Hokky merasakan dua aspek yang mengalami progres drastis. Pemain muda PSS Sleman itu merasakan perbedaan yang cukup besar, terutama aspek fisik dan badannya.

“Perkembangan yang saya rasakan setelah kembali dari pemusatan latihan sebenarnya cukup banyak. Namun, yang paling terasa tentu fisik dan badan yang menurut saya terasa lebih baik dari sebelumnya,” kata Hokky Caraka kepada Bola.com, Senin (1/12/2022).

 

2 dari 5 halaman

Bukan Cuma Uji Coba Saja

Selama berlatih di Turki dan Spanyol, Hokky Caraka dan kawan-kawan memang mendapatkan sejumlah materi latihan yang berat bersama Timnas Indonesia U-20.

Bahkan, Shin Tae-yong sempat menyodorkan tiga kali sesi latihan dalam sehari. Sesi latihan yang dilahap Hokky dan kawan-kawan pun tak hanya berlangsung di lapangan, tetapi juga di pusat kebugaran.

Uji coba dengan tim-tim Eropa juga dilakukan guna menambah kepercayaan diri skuat Garuda Muda.

 

3 dari 5 halaman

Aspek Fisik Paling Berkembang

Pemain asal Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini mengakui, peningkatan terbesarnya seusai menjalani TC jangka panjang di Eropa ialah aspek fisik.

Sebab, menurut pemain kelahiran 21 Agustus 2004 itu, Shin Tae-yong memang memberikan penekanan khusus terhadap sektor ini.

“Perkembangan paling besar yang saya rasakan sepertinya di bagian fisik. Karena, selama pemusatan latihan, memang hal itu yang paling ditekankan oleh Coach Shin Tae-yong,” ujarnya.

“Apalagi, menurut saya, penyesuaian terhadap cuaca dan iklim di Spanyol dan Turki juga turut mempengaruhinya,” lanjutnya.

 

4 dari 5 halaman

Pemain Kembali ke Klub

Seusai melewati pemusatan latihan yang panjang dan intensif, PSSI telah resmi mengembalikan para pemain menuju klubnya masing-masing sebelum menghadapi agenda berikutnya.

Hokky Caraka pun juga telah kembali bergabung dengan sesi latihan PSS Sleman. Dia tampak mengikuti latihan pertamanya bersama Elang Jawa di Lapangan Pakembinangun, Sleman, Rabu (30/11/2022).

Pemain jebolan program Garuda Select itu akan mematangkan persiapannya bersama skuad asuhan Seto Nurdiyantoro yang kini tengah menanti kembalinya Liga 1 2022/2023.

 

5 dari 5 halaman

Menunggu Persiapan Lanjutan

Para pemain Timnas Indonesia, termasuk Hokky Caraka, tentu diharapkan mendapat menit bermain yang optimal bersama klubnya masing-masing di Liga 1 2022-2023.

Sebab, hal ini akan membantu perkembangan para pemain sebelum kembali menjalankan program lanjutan untuk menyambut dua even besar tahun depan, yakni Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20.

PSSI berencana kembali menggelar pemusatan latihan lanjutan untuk Timnas Indonesia U-20 menyambut dua perhelatan bergengsi tersebut.

Video Populer

Foto Populer