Sukses


Termasuk Cristian Gonzales, 3 Pemain Naturalisasi dengan Momen Gol Perdana Bersama Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia sudah sering menggunakan jasa pemain naturalisasi untuk mendongkrak performanya. Namun, hanya segelintir nama yang mampu mencetak gol debut hingga mencatatkan kesuksesan.

Sebab, ada banyak nama pemain naturalisasi yang akhirnya justru menghilang. Mereka kalah bersaing dan tak pernah dipanggil untuk kembali memperkuat Timnas Indonesia.

Salah satu yang paling diingat tentu nama Jhonny van Beukering. Pemain asal Belanda yang identik dengan tubuh gempal ini hanya mencatatkan segelintir momen bersama timnas Indonesia.

Sementara itu, ada beberapa pemain naturalisasi yang cukup sukses bersama timnas Indonesia. Beberapa di antaranya pun sempat menjadi langganan timnas Indonesia di sejumlah periode.

Berikut Bola.com menyajikan tiga pemain naturalisasi Timnas Indonesia dan momen gol debutnya di laga internasional.

2 dari 4 halaman

1. Cristian Gonzales

Tak berlebihan jika menyebut nama Cristian Gonzales sebagai salah satu pemain naturalisasi yang cukup sukses saat bertugas bersama timnas Indonesia.

Setelah bertahun-tahun meniti kariernya di Indonesia, pemain kelahiran Uruguay ini akhirnya mendapatkan paspor Indonesia pada November 2010. Ketika itu, dia berstatus sebagai pemain Persib Bandung.

Momen debutnya pun tak butuh waktu lama. Sebab, pemain yang akrab dengan julukan El Loco ini mendapat kesempatan tampil pertama kali pada laga kontra Timor Leste. Saat itu, timnas Indonesia masih diasuh oleh Alfred Riedl.

Laga uji coba yang berlangsung di Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang, 24 November 2022 itu menjadi momen perdana bagi EL Loco tampil mengenakan jersey timnas Indonesia.

Saat itu, Gonzales sukses menyumbangkan dua gol pada laga debutnya. Timnas Indonesia pun berhasil menang dengan skor yang cukup telak, yakni enam gol tanpa balas.

Sejak momen itu, Gonzales tampil menggila bersama timnas Indonesia, terutama pada Piala AFF 2010. Dia juga dinilai sebagai salah satu pemain naturalisasi tersukses bersama skuad Garuda.

3 dari 4 halaman

2. Alberto Goncalves

Selanjutnya, ada nama pesepak bola kelahiran Brasil, Alberto Goncalves. Pemain yang akrab disapa Beto ini juga punya setumpuk momen spesial bersama timnas Indonesia.

Sebagai informasi, Beto sudah menjadi warga negara Indonesia pada medio Februari 2018. Ketika itu, Beto masih berstatus sebagai pemain Sriwijaya FC.

Momen debutnya bersama timnas Indonesia tercipta pada laga persahabatan internasional kontra Myanmar. Ketika skuad Garuda masih diasuh Bima Sakti sebagai pelatih interim itu, Beto turun sebagai starter.

Hasilnya sangat impresif. Kesempatan tampil ini dibayar lunas dengan menyumbangkan satu gol dan satu assist untuk membawa Indonesia menggulung Myanmar dengan skor 3-0.

Sebelum momen ini, Beto sebetulnya sudah sempat jadi pemain andalan Luis Milla bersama timnas Indonesia U-23 di ajang Asian Games 2018.

Saat itu, Beto yang mengisi slot pemain senior sukses menyumbangkan empat gol untuk skuad Garuda Muda. Sayangnya, langkah Beto dan kolega harus terhenti di fase 16 besar setelah kalah penalti dari Uni Emirat Arab.

4 dari 4 halaman

3. Ilija Spasojevic

Yang terbaru, ada penyerang naturalisasi asal Montenegro, yakni Ilija Spasojevic. Setelah sekian nama menanti momen untuk memperkuat timnas, panggilan itu akhirnya datang jelang Piala AFF 2022.

Spaso memang terhitung jarang mendapat kesempatan tampil bersama timnas Indonesia. Meskipun sebenarnya dia sudah mendapatkan status sebagai warga negara Indonesia sejak Oktober 2017.

Momen debut pemain yang sejauh ini telah meraih tiga gelar juara Liga 1 itu terjadi ketika skuad Merah Putih masih berada di bawah nakhoda Luis Milla.

Ketika itu, Spaso dibawa Luis Milla untuk menghadapi Guyana pada pertandingan uji coba internasional di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (25/11/2017).

Tampil sebagai starter, Spaso tampil impresif. Dia sukses mencetak gol pertamanya untuk skuad Garuda via eksekusi penalti. Momen gol tersebut tercipta pada menit ke-37.

Memasuki pertengahan babak kedua, dia kembali mencatatkan namanya di papan skor setelah menerima umpan dari Febri Hariyadi. Dua gol yang dicetak eks-pemain Bhayangkara FC ini turut membawa timnas Indonesia menang 2-1 atas Guyana.

Video Populer

Foto Populer