Sukses


Naik Level ke Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022, Penyerang PSM Siap Bersaing di Skuad Garuda

Bola.com, Denpasar - Penyerang muda PSM Makassar, Muhammad Dzaky Asraf, jadi satu dari tiga pemain Timnas Indonesia U-20 yang dipromosikan ke Timnas senior. Dzaky dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan alias training center (TC) Timnas Indonesia di Bali yang merupakan persiapan menjelang Piala AFF 2022.

Dzaky Asraf bergabung dengan Timnas Indonesia pada Rabu (30/11/2022). Ia sudah digembleng latihan di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong.

Pemain kelahiran Kabupaten Polewali Mandar itu mengaku bersyukur bisa bergabung dengan skuad Garuda di Bali. Dzaky Asraf berjanji akan memberikan kemampuan terbaik selama TC.

Dia juga bertekad berjuang dengan maksimal dan tidak akan menyia-nyiakan kesempatan yang diberikan untuk bisa bergabung bersama Timnas Indonesia.

"Alhamdulillah saya dipanggil dan saya bisa mengambil kesempatan ini. Bisa mengambil pengalaman yang lebih baik lagi dari sini," ujar Dzaky Asraf seperti dilansir dari PSSI TV.

2 dari 5 halaman

Intensitas Latihan Tinggi

 

Pada sesi latihan seperti yang diunggah PSSI TV, para pemain Timnas Indonesia mengikuti beberapa menu. Dzaky tampak membaur dengan para seniornya.

Dzaky Asraf menuturkan latihan berjalan dengan intensitas yang tinggi. Ya, fisik para pemain skuad Garuda dihajar habis-habisan oleh tim pelatih. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan kebugaran fisik para pemain jelang turnamen dua tahunan tersebut.

"Latihan tadi cukup keras," ungkap Dzaky Asraf.

3 dari 5 halaman

Fisik Mulai Kembali Bugar

 

Sebelumnya, Dzaky Asraf juga tergabung dalam TC Timnas Indonesia U-20 di Turki dan Spanyol. Pemanggilan pemain PSM Makassar itu bukan tanpa sebab. Shin Tae-yong nampaknya memang cukup puas dengan performa Dzaky selama di Eropa.

Sepulang dari TC Timnas kelompok usia di Spanyol, Dzaky Asraf mengaku kondisi fisiknya makin oke.

"Kondisi fisik setelah TC di Spanyol dan Turki, kondisi sampai saat ini sudah membaik," paparnya.

Selain Dzaky Asraf, ada dua pemain Timnas Indonesia U-20 lainnya yang bergabung dengan skuad Garuda. Mereka adalah bek Persija Jakarta Muhammad Ferarri dan gelandang Persebaya Surabaya Marselino Ferdinan.

Baik Ferrari dan Marselino sebelumnya sudah pernah dipanggil Timnas Indonesia saat FIFA Matchday menghadapi Curacao.

4 dari 5 halaman

Diikuti 28 Pemain

 

Adapun TC Timnas Indonesia yang digelar di Lapangan Training Center Bali United, Bali, itu dimulai sejak 28 November lalu.

TC yang diikuti 28 pemain itu digelar sebagai persiapan untuk menghadapi Piala AFF 2022 yang berlangsung pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023.

Nantinya di Piala AFF 2022, Timnas Indonesia tergabung di Grup A dan akan bersaing dengan Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Timnas Indonesia akan membuka laga Grup A dengan menjamu Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (23/12/2022).

5 dari 5 halaman

Pembagian Grup Piala AFF 2022

Video Populer

Foto Populer