Sukses


Impian Besar Almarhum Lord Rangga untuk Sepak Bola Indonesia: Bangun Stadion Internasional di Brebes

Bola.com, Jakarta - Kabar duka datang dari dunia sepak bola Indonesia. Mantan manajer klub Liga 3 Persab Brebes sekaligus eks petinggi Sunda Empire, Ki Ageng Rangga Sasana, atau biasa disapa Lord Rangga meninggal dunia karena sakit.

Lord Rangga mengembuskan napas terakhir pada Rabu (7/12/2022) pagi sekitar pukul 05.39 WIB di RS Mutiara Bunda Tanjung Brebes, Jawa Tengah.

Kabar meninggalnya Lord Rangga disampaikan langsung sang Istri yakni Ratu Queen Kiki Haryati lewat sebuah unggahan di Story WhatsApp.

"Assalamualaikum semuanya mohon maaf atas kesalahan Ki Ageng Rangga Sasana atau Lord Rangga minta doanya from Bunda Ratu Queen Kiki Haryati," tulis Ratu Queen Kiki.

Pemilik nama asli Edi Raharjo tersebut belum lama ini terjun di persepakbolaan nasional. Sejak Agustus 2022, Lord Rangga resmi menjadi manajer klub Liga 3, Persab Brebes. Namun, jabatan yang diemban tidak berlangsung lama setelah Lord Rangga mengundurkan diri beberapa waktu lalu.

2 dari 4 halaman

Majukan Persepakbolaan Indonesia

Semasa hidup, Lord Rangga begitu menggilai sepak bola. Pria yang selalu berpenampilan unik dengan topi baretnya itu bahkan punya mimpi besar terhadap kemajuan dunia persepakbolaan Tanah Air.

Ketika itu, Lord Rangga mengatakan, alasan utama dirinya menjadi bagian dari Persab Brebes berawal dari kecintaannya akan si kulit bundar. Sekaligus kepeduliannya terhadap persepakbolaan Indonesia.

Menurutnya, sepak bola Tanah Air perlu mendapatkan penataan kembali. "Lord ingin membantu membawa kemajuan Persab," ujarnya beberapa bulan lalu.

Tak hanya itu, Lord Rangga sempat mencalonkan diri sebagai Ketua Umum Persab periode 2022-2027. Dia berujar, keinginan tersebut muncul atas panggilan sebagai putra asli Brebes, atau yang dirinya biasa menyebut sebagai nationality Brebes.

 

3 dari 4 halaman

Bangun Stadion Standar Internasional di Brebes

Pria yang merupakan warga asli Desa Grinting, Kecamatan Bulakamba, Brebes itu bahkan bercita-cita membangun stadion berstandar Internasional layaknya Jakarta International Stadium (JIS) di Brebes.

Ya, selain mengusung target juara untuk Persab di Liga 3, Lord Rangga saat itu berjanji akan membangun sejumlah sarana prasarana untuk tim yang pernah diperkuat Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman tersebut.

Seandainya target promosi terwujud, mantan Ketua Umum Dewan Bawang Merah Republik Indonesia itu berencana membangun stadion mewah.

"Ya bisa dibangun karena kami punya investor yang masuk melalui lord untuk penanganan pembangunan pabrik gula di Brebes," ucap Lord Rangga.

"Berangkat dari kawan-kawan pabrik karena mereka biasanya punya tradisi persepakbolaan itu lekat dengan pabrik gula dari zaman dulu. Pasti berdampingan dengan itu sehingga sekalian marketnya bisa lord tawarkan dari situ," imbuhnya.

 

4 dari 4 halaman

Berdampak Positif

Hadirnya Lord Rangga di Persab cukup membawa dampak positif terhadap klub yang terbentuk sejak 1964 itu. Persab mendadak poluler dan menjadi bahan perbincangan di kalangan pecinta sepak bola ketika Lord Rangga masuk sebagai satu di antara pengurus tim.

Maklum, nama Lord Rangga memang kian melambung setelah mengklaim sebagai pemimpin Sunda Empire dan diundang di berbagai acara TV nasional pada 2020.

Hal itupun diakui oleh Lord Rangga. "Nama Persab Brebes sudah ramai di mana-mana kalau Persab ada dibawah lord. Tinggal tunggu kompetisinya saja berjalan," kata dia.

Video Populer

Foto Populer