Sukses


Kisah Pemain Maroko yang Pernah Bermain di Liga Indonesia: Sempat Nganggur hingga Main Tarkam

Bola.com, Jakarta - Di tengah gegap gempita yang mengiringi keberhasilan Timnas Maroko menumbangkan Portugal pada perempat final Piala Dunia 2022, ada satu nama pesepak bola Maroko yang pernah berkiprah di kompetisi sepak bola Indonesia.

Satu di antara yang menarik ialah Khairallah Abdelkbir, gelandang serang kelahiran Casablanca, Maroko, yang pernah berseragam Persis Solo.

Ketika itu, Khairallah resmi diperkenalkan Persis Solo sebagai rekrutan barunya pada pertengahan tahun lalu, atau tepatnya pada Jumat (25/6/2021), menjelang bergulirnya Liga 2 2021.

Ketika itu, pemain yang akrab disapa Abdel ini bisa bermain bersama Laskar Sambernyawa di kasta kedua. Dia sudah menuntaskan proses naturalisasi menjadi warga negara Indonesia (WNI) sejak Maret 2021.

kalimat perpisahannya untuk pendukung Laskar Sambernyawa. Ketika itu, dia diboyong klub Liga 2 lainnya, Sriwijaya FC.

 

2 dari 4 halaman

Kiprah Singkat di Kota Bengawan

Selama bermain bersama Persis Solo, Khairallah Abdelkbir memang tak terlalu banyak mendapatkan kesempatan bermain dari tim pelatih.

Dari total delapan penampilannya, pemain yang saat ini sudah berusia 39 tahun itu hanya bermain empat kali sebagai starter.

Tidak ada kontribusi memuaskan yang mampu dipersembahkan Abdel selama menjalani karier di Kota Bengawan. Sebab, ia tak mampu mencetak gol maupun assist untuk Persis Solo.

Pada awal November 2021, dia pun mengumumkan

3 dari 4 halaman

Sempat Nganggur dan Main Tarkam

Awalnya, Abdel meniti kariernya bersama Bhayangkara Surabaya United (SU) pada kompetisi Torabika Soccer Championship (TSC) 2016. Namun, dia sempat berstatus tanpa klub pada Liga 1 2017.

Selama tak terikat kontrak dengan klub profesional Abdel menghabiskan waktunya dengan bermain di turnamen antarkampung alias tarkam.

Saat itu, pemain yang pernah merumput bersama Wydad Fes itu juga sudah menikahi perempuan asal Indonesia dan menetap di Surabaya.

Setelah bertahun-tahun tak punya klub, dia akhirnya bisa kembali merumput bersama klub Liga 2, Persis Solo, karena sudah mendapatkan status sebagai WNI.

 

4 dari 4 halaman

Habiskan Waktu di Liga 2

Setelah meninggalkan Persis Solo pada pertengahan 2021, Khairallah Abdelkbir memang tercatat hanya mengarungi kompetisi kasta kedua.

Tercatat, dia pernah memperkuat Sriwijaya FC (2021-2022), PSDS Deli Serdang (2022), hingga terakhir berlabuh bersama klub asal Jawa Tengah, Persekat Tegal, di Liga 2 2022/2023.

Bersama klub yang disebut terakhir, pemain yang kini telah berumur 39 tahun itu sempat menjadi andalan di lini tengah.

Ia juga pernah menyumbangkan satu assist, yakni ketika tim berjulukan Laskar Ki Gede Sebayu itu menumbangkan Nusantara United dengan skor 1-0.

Video Populer

Foto Populer