Sukses


Last Dance Timnas Indonesia: Fachruddin Aryanto dan Ilija Spasojevic Kejar Mimpi Terbesar

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memang belum memutuskan skuad akhir untuk pehelatan Piala AFF 2022. Tetapi dari nama-nama yang mengikuti pemusatan latihan, ia terlihat seperti ingin menyeimbangkan timnya.

Sejak menangani skuad Garuda pada 2020 lalu, pelatih yang akrab disapa STY itu memang melakukan langkah yang terbilang ekstrem. Ia tak ragu memutus satu generasi Timnas untuk mendapatkan pemain-pemain yang lebih segar.

Walaupun terbilang beresiko, langkah ini sejatinya terbilang berhasil. Sukses tim Merah Putih merebut satu tempat di Piala Asia 2023 mendatang, tak lepas dari pemilihan pemain yang dilakukannya.

Namun di turnamen sepakbola terbesar se-Asia Tenggara ini, pelatih asal Korea Selatan tersebut mencoba melakukan pendekatan berbeda. Dengan target juara yang dicanangkan, ia memutuskan menambahkan pengalaman dalam skuadnya.

Untuk beberapa nama pemain senior yang dipanggil, perhelatan Piala AFF 2022 itu mungkin bakal jadi Last Dance bagi mereka. Siapa saja pemain yang dimaksud? Berikut ulasan selengkapnya.

 

2 dari 4 halaman

Fachruddin Wahyudi Aryanto

Nama pertama yang diprediksi bakal menjalani gelaran Piala AFF terakhirnya adalah Fachruddin Aryanto. Bek berusia 33 tahun itu diyakini bakal memberikan segalanya apalagi setelah mendapatkan jabatan kapten.

Walau tak lagi berusia muda, pemain asal Klaten itu masih memiliki kemampuan teknis yang cukup prima. Pengaruhnya di lapangan juga sangat penting dalam membangun kepercayaan diri pemain muda.

Satu hal lagi yang tak kalah penting, pemain asal klub Madura United itu tengah diambang rekor sebagai pemain Indonesia pertama yang bermain dalam enam edisi Piala AFF. Jelas ia tak akan melewatkan kesempatan terakhirnya.

 

3 dari 4 halaman

Ilija Spasojevic

Dari pemusatan latihan yang digelar, Ilija Spasojevic merupakan pemain tertua di skuad Indonesia. Striker naturalisasi asal Montenegro tersebut telah memasuki usia 35 tahun per September kemarin.

Walaupun baru mendapatkan panggilan bela negara setelah M. Dimas Drajad mengalami cedera, tak berarti ia hanyalah sekadar ban serep. Di usia senja, Spasojevic masih sangat produktif bagi timnya Bali United.

Kesempatan membela Timnas Indonesia merupakan momen yang telah dinantikannya dalam beberapa tahun belakangan. Perhelatan Piala AFF 2022 bisa dikatakan merupakan sebagai ajang pembuktian bagi pemenang tiga gelar Liga Indonesia ini.

4 dari 4 halaman

Pembagian Grup

Video Populer

Foto Populer