Sukses


Shin Tae-yong Coret 1 Pemain Belanda dari Daftar Calon Naturalisasi Timnas Indonesia U-20 untuk Piala Dunia U-20 2023

Bola.com, Jakarta - Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, mengungkapkan Zico Soree dicoret dari daftar calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia U-20 untuk Piala Dunia U-20 2023.

Sebelumnya, bersama Rafael Struick, Zico Soree mengikuti seleksi dengan Timnas Indonesia U-20 dalam pemusatan latihan dan rangkaian uji coba di Spanyol pada November 2022.

Kini pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, memutuskan hanya merekomendasikan Rafael Struick untuk dinaturalisasi PSSI demi Timnas Indonesia U-20, tapi tidak untuk Zico Soree.

"Zico Soree dicoret. Jadi, Rafael Struick yang dinaturalisasi Timnas Indonesia U-20 untuk Piala Dunia U-20 2023," ujar Indra Sjafri.

2 dari 5 halaman

Profil Zico Soree

Zico Soree adalah pemain keturunan Indonesia kelahiran Belanda yang berposisi sebagai penyerang. Dia membela PEC Zwolle U-21 yang bermain di 021 Div.1 Fall 2022/2023 alias kompetisi U-21 Liga Belanda.

Zico Sore lahir di Zwolle, Belanda, pada 29 Januari 2003. Pemain berusia 19 tahun itu mempunyai postur 180 cm berdasarkan data Transfermarkt.

Zico Soree tercatat telah bertanding lima kali untuk PEC Zwolle U-21 dengan jumlah 186 menit bermain di 021 Div.1 Fall. Namun, golnya masih nihil. Dia malah sekali terkena kartu merah.

3 dari 5 halaman

Jalani Tahapan Awal Naturalisasi

Indra Sjafri juga mengungkapkan Rafael Struick akan menjalani tahapan awal proses naturalisasi dalam waktu dekat. Dia sudah tiba di Jakarta pada Kamis (15/12/2022).

"Dia bakal melalui tes kesehatan dan psikotes. Lalu juga ada undangan dari BIN kalau tidak salah. Prosesnya seperti yang sebelum-sebelumnya," tutur Indra Sjafri.

Rafael Struick, yang juga berasal dari Belanda, bakal menyusul dua rekan senegaranya, Justin Hubner dan Ivar Jenner. Keduanya tengah dalam proses naturalisasi untuk membela Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023.

4 dari 5 halaman

Rekam Jejak Rafael Struick

Rafael Struick bermain untuk ADO Den Haag di Keuken Kampioen Divisie atau kasta kedua Liga Belanda 2022/2023.

Berbeda dengan Zico Soree yang berposisi sebagai striker, Rafael Struick berperan sebagai penyerang sayap kiri.

Pemain kelahiran 27 Maret 2003 ini baru bermain dua kali untuk ADO Den Haag dengan nihil gol dan assist dalam 11 menit penampilan.

5 dari 5 halaman

Jumlah Calon Pemain Naturalisasi Bisa Bertambah

Sejauh ini, berarti ada tiga pemuda kelahiran Belanda yang diproyeksikan untuk dinaturalisasi demi Timnas Indonesia U-20. Lantas, apakah jumlahnya akan bertambah?

"Saya dan PSSI masih menunggu dari coach Shin Tae-yong. Kalau memang cukup tiga pemain, ya tiga pemain ini," imbuh Indra Sjafri.

"Kalau memang masih ada tambahan, ya nambah. Sebab, semua permintaan dan keputusan ada di tangan coach Shin Tae-yong," ungkapnya.

Video Populer

Foto Populer