Sukses


Absen Bela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, Elkan Baggott Bisa Main Lawan Leicester City dan Wolves

Bola.com, Gillingham - Elkan Baggott absen membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Namanya tidak masuk daftar pemain tim berjulukan Skuad Garuda itu yang berjumlah 23 personel.

Sedari awal, Elkan Baggott memang diragukan dapat bermain untuk Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Sejumlah indikasi telah terjadi sebelumnya. Apa saja?

Gillingham FC selaku pemilik Elkan Baggott di musim ini tidak mengizinkannya bergabung dengan pemusatan latihan Skuad Garuda di Bali sejak 28 November 2022.

"Bila Baggott tidak bisa bergabung, saya sudah menyiapkan opsi lain dan antisipasi. Absennya dia memang menjadi masalah, namun saya harus mengatasinya dengan baik," ujar pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong beberapa waktu lalu.

2 dari 6 halaman

Agenda Gillingham FC

Beberapa waktu lalu, pelatih Gillingham FC, Neil Harris memastikan bahwa Elkan Baggott memilih bertahan di Inggris, alih-alih berkancah di Piala AFF 2022 bersama Timnas Indonesia.

Jadwal Piala AFF 2022 yang digelar pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023 bentrok dengan agenda Gillingham FC, yang tidak mengenal kata libur pada akhir tahun ini hingga awal tahun depan.

Selain itu, Piala AFF 2022 tidak masuk kalender FIFA sehingga Gillingham FC berhak untuk menahan dan tidak melepas Elkan Baggott ke Timnas Indonesia.

Dalam periode Piala AFF 2022, Gillingham FC akan bermain enam kali, termasuk dua partai krusial melawan Wolverhampton Wanderers pada babak keempat Carabao Cup dan Leicester City pada babak ketiga Piala FA.

3 dari 6 halaman

Sangat Dibutuhkan

Kesebelasan dengan sebutan lain The Gills itu bakal lebih dulu bentrok dengan Wolves pada 20 Desember 2022, baru berduel kontra Leicester City pada 7 Januari 2023.

Selain itu, Elkan Baggott sangat dibutuhkan Gillingham FC untuk berjuang lolos dari zona degradasi League Two atau kasta keempat Liga Inggris. Saat ini, The Gills masih terdampar di dasar klasemen.

Elkan Baggott adalah pemain Ipswich Town yang dipinjamkan ke Gillingham FC sejak musim panas 2022. Palang pintu kelahiran Bangkok, Thailand itu memainkan peran penting untuk The Gills dengan membukukan 26 penampilan plus tiga gol selama setengah musim.

4 dari 6 halaman

Ungkapan Pelatih Ipswich Town

"Sudah ada diskusi antara ketiga pihak. Tentu saja, itu keputusan yang sulit karena Baggott sangat peduli untuk mewakili negaranya dan telah melakukannya dengan sangat baik untuk mereka," kata pelatih Ipswich Town, Kieran McKenna dinukil dari media Inggris, TWTD.

"Dia adalah pemain muda yang mencoba untuk masuk ke permainan profesional dan ketika turnamen internasional tidak dalam kalender internasional, itu bisa menjadi tantangan untuk membangun momentum dalam kariernya."

"Yang merupakan hal terpenting. Juga sangat penting untuk negaranya karena mereka menginginkan dan membutuhkan Baggott," jelasnya.

5 dari 6 halaman

Terlalu Penting untuk Dilewatkan

Partai kontra Wolves dan Leicester City bakal krusial bagi Gillingham FC, terutama Elkan Baggott yang akan berpikir dua kali untuk melewatkan kesempatan berhadapan dengan dua tim Premier League.

"Ada percakapan antara ketiga pihak dan saya pikir keputusan itu diambil untuk alasan yang tepat. Semoga Baggott dapat terus menjalani musim yang kuat dan tumbuh serta berkembang sebagai pemain," ungkap Kieran McKenna.

"Kami ingin dia menjadi bagian dari masa depan di sini dan, tentu saja, dia juga akan menjadi bagian besar dari masa depan sepak bola Indonesia," ucapnya Kieran McKenna.

Sumber: TWTD

6 dari 6 halaman

Jadwal Gillingham FC yang Bentrok dengan Piala AFF 2022

20 Desember 2022

Wolverhampton Wanderers Vs Gillingham FC

26 Desember 2022

Gillingham FC Vs Colchester United

29 Desember 2022

Sutton United Vs Gillingham FC

2 Januari 2023

Stevenage Vs Gillingham FC

7 Januari 2023

Gillingham FC Vs Leicester City

14 Januari 2023

Gillingham FC Vs Hartlepool

Video Populer

Foto Populer