Sukses


Piala AFF 2022: Singapura Pede Bersaing Meski Tanpa Striker Berdarah Jawa Taufik Suparno

Bola.com, Jakarta - Pelatih Singapura, Takayuki Nishigaya, tetap percaya pada kemampuan timnya untuk bersaing memperebutkan juara Piala AFF 2022 meskipun sejumlah pemain kuncinya absen, termasuk pemain berdarah Jawa, Taufik Suparno.

Beberapa hari sebelum pertandingan pertama mereka melawan Myanmar, pelatih asal Jepang itu kehilangan penyerang utama Ikhsan Fandi dan gelandang Adam Swandi karena cedera lutut yang serius. Penyerang berdarah Jawa, Taufik Suparno kemudian ditarik keluar dari skuad karena alasan keluarga.

Kendati begitu, Nishigaya tampak tidak terpengaruh saat ia mengumumkan skuadnya sebanyak 23 orang, yang hanya terdiri dari empat penyerang.

"Hal-hal ini sangat disayangkan, tetapi kami harus menyesuaikan. Saya memiliki keyakinan penuh kami dapat menggabungkan dan mendapatkan tujuan yang kami butuhkan. Saya tidak khawatir," kata Nishigaya dinukil dari Straits Times.

"Tentu saja mengecewakan kehilangan para pemain ini, tapi saya ingin menuntut agar tim terus bersatu dan bermain untuk mereka juga."

 

 

2 dari 5 halaman

Siapa Taufik Suparno?

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Taufiksuparno13 (@taufiksuparno_)

Taufik Suparno diketahui memiliki darah Indonesia beretnis Jawa yang berasal dari ayahnya. Sementara ibunya asli Singapura.

Penyerang berusia 27 tahun ini kali pertama dipanggil ke skuad Singapura pada 2015. Setelah itu ia kerap dipanggil, termasuk pada kejuaraan Tri Nations pertengahan tahun ini.

Taufik Suparno yang lahir di Singapura ini bermain untuk Tampines Rovers. Sayang, alasan keluarga membuat ia tidak jadi mengikuti Piala AFF 2022.

 

3 dari 5 halaman

Bawa Pemain Senior

Absennya Ikhsan Fandi mungkin jadi pukulan paling telak buat Singapura. Sebab, lesakkan 17 golnya pastinya sangat berpengaruh mengingat skuad lainnya, jika digabungkan, hanya membukukan 28 gol saja.

Namun, ada perpaduan yang baik antara pemuda dan pengalaman dalam skuad Nishigaya, dengan tujuh pemain memiliki lebih dari 50 caps, termasuk kapten Hariss Harun (116) dan penjaga gawang Hassan Sunny (100), yang akan terlibat pada Piala AFF yang kesembilan.

Sementara itu, lima pemain masuk skuad Singapura Piala AFF untuk kali pertama. Mereka adalah bek Christopher van Huizen, Joshua Pereira dan Ryhan Stewart, serta gelandang Shah Shahiran dan Farhan Zulkifli.

 

4 dari 5 halaman

Pemain Multiposisi

Mengenai pemanggilan tersebut, Nishigaya mengatakan bahwa dirinya membawa pemain yang bisa bermain di berbagai posisi dan juga peran.

"Saya mencari pemain yang bisa bermain di posisi berbeda karena mereka akan menjadi opsi yang berguna saat kami memainkan empat pertandingan dalam 11 hari dan kami harus siap menghadapi dampak cedera dan skorsing."

"Kami ingin melangkah sejauh mungkin, tetapi kuncinya adalah pertama-tama kami berkonsentrasi untuk mengambil pertandingan demi pertandingan."

5 dari 5 halaman

Daftar Pemain Singapura di Piala AFF 2022

  • Kiper: Hassan Sunny, Syazwan Buhari, Zaiful Nizam
  • Bek: Amirul Adli, Christopher Van Huizen, Hariss Harun, Irfan Fandi, Joshua Pereira, Nazrul Nazari, Ryhan Stewart, Shakir Hamzah
  • Gelandang: Farhan Zulkifli, Hafiz Nor, Hami Syahin, M. Anumanthan, Shahdan Sulaiman, Shah Shahiran, Song Uiyoung, Zulfahmi Arifin
  • Striker: Amy Recha, Faris Ramli, Ilhan Fandi, Shawal Anuar

Video Populer

Foto Populer