Sukses


Daftar Nomor Punggung Pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2022: Egy Tetap Pakai Nomor Keramat

Bola.com, Jakarta - PSSI merilis daftar nomor punggung yang bakal dikenakan pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 pada Rabu (21/12/2022) malam WIB.

Merujuk pada aturan Piala AFF, para pemain memang tidak bisa bebas memilih nomor punggung. Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) hanya mengizinkan penggunaan nomor 1 hingga 23 pada turnamen tersebut, sama seperti aturan yang dimiliki FIFA.

Nomor 10 yang selama ini menjadi nomor keramat di Timnas Indonesia tetap menjadi milik Egy Maulana Vikri. Egy memang sudah dua tahun lebih menjadi pemilik nomor itu di Tim Merah-Putih.

Sementara itu, rekan duet sehati Egy, Witan Sulaeman juga tetap setia dengan nomor punggung 8. Nomor itu juga sudah lama identik dengan Witan.

2 dari 5 halaman

Tak Banyak Berubah

Sementara itu, para pemain  andalan lain Timnas Indonesia juga tidak melakukan perubahan nomor punggung. Pratama Arhan tetap setia dengan nomor 12.

Pun demikian dengan Asnawi Mangkualam yang tampak sangat menyukai nomor punggung 14. Fachruddin (19), Rizky Ridho (5), Ricky Kambuaya (15), dan Marc Klok (23) juga tidak melakukan perubahan nomor punggung.

Begitu juga dengan Rachmat Irianto. Sejak membela Timnas level usia dini, Rian memang sudah akrab dengan nomor punggung 13 yang kerap dianggap sebagai nomor sial itu.

3 dari 5 halaman

Penyesuaian

Adapun beberapa pemain lain harus melakukan penyesuaian. Nadeo Argawinata yang menggunakan nomor 23 pada Piala AFF 2020, kali ini beralih ke nomor 22.

Sebab, nomor 23 sudah menjadi milik Marc Klok yang lebih senior. Pun demikian dengan Marselino Ferdinan.

Playmaker berusia 18 tahun itu harus rela tidak menggunakan nomor punggung 7. Nomor itu sudah dipakai oleh Saddil Ramdani. Sebagai gantinya, Marselino mendapatkan jatah nomor punggung 6 di Piala AFF 2022.

Pilihan nomor punggung yang cukup unik dilakukan Yakob Sayuri. Ia memilih nomor punggung 2. Pemilihan yang semakin mengisyrakatkan jika ia nyaman di posisi bek kanan.

4 dari 5 halaman

Daftar Lengkap Nomor Punggung Penggawa Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

1. Muhammad Riyandi

2. Yakob Sayuri

3. Edo Febriansyah

4. Jordi Amat

5. Rizky Ridho

6. Marselino Ferdinan

7. Saddil Ramdani

8. Witan Sulaeman

9. Ilija Spasojevic

10. Egy Maulana Vikri

11. Dendy Sulistyawan

12. Pratama Arhan

13. Rachmat Irianto

14. Asnawi Mangkualam

15. Ricky Kamnbuaya

16. Hansamu Yama

17. Syahrian Abimanyu

18. Muhammad Rafli

19. Fachruddin Aryanto

20. Syahrul Trisna

21. Ramadhan Sananta

22. Nadeo Argawinata

23. Marc Klok

5 dari 5 halaman

Hasil Undian Babak Grup Piala AFF 2022

Video Populer

Foto Populer