Sukses


Piala AFF 2022: Kim Pan-gon Puji Pemain Malaysia yang Kerja Keras Raih 3 Poin di Kandang Myanmar

Bola.com, Jakarta - Timnas Malaysia memulai Piala AFF 2022 dengan susah payah. Tim Harimau Malaya menang 1-0 di kandang Myanmar pada laga perdana Grup B Piala AFF 2022, Rabu (21/12/2022) malam WIB.

Gelandang muda, Faisal Halim menjadi satu-satunya pencetak gol Timnas Malaysia pada laga ini. Halim mencetak gol pada menit ke-52, setelah mendapatkan assist dari Safawi Rashid.

Myanmar nyaris menyamakan kedudukan pada akhir babak kedua lewat titik putih. Namun, eksekusi penalti Win Naing Tun mampu digagalkan kiper Malaysia.

Pelatih Timnas Malaysia, Kim Pan-gon, menyatakan banyak hal di Myanmar yang tidak memihak kepada tim asuhannya pada laga ini.

"Keadaan lapangan tidak terlalu optimal, cuaca, waktu dan dan keadaan tidak memihak pemain kami," kata Kim dilansir dari Stadium Astro.

2 dari 4 halaman

Sadar Sejak Awal

Meski demikian, Kim menyatakan tim asuhannya sudah sadar sejak awal perjalanan di Piala AFF 2022 tidak akan mudah. Apalagi, Timnas Malaysia harus menjalani laga pertama di kandang lawan.

"Tetapi kami sadar dari awal bahwa ini akan menjadi amat sulit, karena tidak ada tim yang mau kalah di kandang sendiri," ujar Kim.

Kim pun merasa Myanmar memberikan tekanan yang keras kepada tim asuhannya. Namun, Safawi Rashid dkk. bereaksi dengan baik menghadapi laga itu.

"Jadi, kami sedar mereka akan bermain dengan determinasi tinggi, tetapi pemain kami memberikan reaksi dengan amat baik," jelasnya.

3 dari 4 halaman

Dibantu Nasib

Lebih lanjut, pelatih asal Korea Selatan itu merasa kualitas permainan tim asuhannya masih kurang baik pada laga melawan Myanmar. Bahkan, ia merasa permainan Tim Harimau Malaya tidak cantik.

"Saya menilai dariapada segi kualitas permainan tidak terlalu cantik tetapi kami dapat mengawal situasi," jelasnya.

Keberhasilan meraih tiga poin di markas ini menurut Kim tak lepas dari bantuan nasib baik yang menaungi Timnas Malaysia.

"Walaupun kami dibantu oleh nasib, saya perlu berterima kasih kepada pemain yang berjuang keras untuk mendapatkan tiga poin," tandasnya.

Sumber: Stadium Astro

4 dari 4 halaman

Klasemen Piala AFF 2022

 Klasemen Grup A

Pos Tim M K S Poin
1 Thailand 1 - 0 3
2 Kamboja
3 Indonesia
4 Filipina 0 1
5 Brune 0 1 0 0

Jadwal dan Hasil Pertandingan Grup A

Kamboja Vs Filipina (3 - 2)

Brunei Vs Thailand (0 - 5)

Filipina Vs Brunei

Indonesia Vs Kamboja

Brunei Vs Indonesia

Thailand Vs Filipina

Kamboja Vs Brunei

Indonesia Vs Thailand

Thailand Vs Kamboja

Filipina Vs Indonesia

 

Klasemen Grup B

Pos Tim M K S Poin
1 Vietnam
2 Malaysia
3 Singapura
4 Myanmar
5 Laos 0 1 0 0

Jadwal dan Hasil Pertandingan Grup B

Myanmar Vs Malaysia (0 - 1)

Laos Vs Vietnam (0 - 6)

Singapura Vs Myanmar

Malaysia Vs Laos

Laos Vs Singapora

Vietnam Vs Malaysia

Myanmar Vs Laos

Singapora Vs Vietnam

Vietnam Vs Myanmar

Malaysia Vs Singapora

 

Video Populer

Foto Populer