Sukses


Shin Tae-yong Berbicara soal Rivalitas 3 Pelatih Korsel di Piala AFF 2022: Bagus untuk Sepak Bola Asia Tenggara

Bola.com, Jakarta - Ada yang menarik dari Piala AFF 2022. Tiga pelatih asal Korea Selatan akan bersaing di turnamen tersebut.

Mereka adalah Shin Tae-yong (Indonesia), Kim Pan-gon (Malaysia), dan Park Hang-seo (Vietnam). Keberadaan tiga pelatih itu rupanya menarik perhatian media Korea Selatan. Mereka memberikan perhatian lebih kepada Piala AFF 2022.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong pun menyadari hal itu. Juga soal perhatian lebih yang diberikan media-media dari Korea Selatan.

"Dengan adanya tiga pelatih Korea Selatan, jadi media di Korsel pun memberi perhatian," ujar Shin Tae-yong di Gelora Bung Karno, Kamis (22/12/2022).

2 dari 3 halaman

Pelatih Berkualitas

Tiga nama pelatih di atas memang punya nama yang cukup besar di Korea Selatan. Shin Tae-yong bahkan pernah menukangi Taeguk Warriors di Piala Dunia 2018.

"Apalagi nama-nama pelatih di sini lumayan baik, jadi perhatian lebih banyak," tambah Shin.

Shin menyebut, tiga pelatih asal Korea Selatan itu harus bekerja sangat keras di Piala AFF 2022. Mereka harus menunjukkan kualitas masing-masing agar semakin membantu meningkatkan reputasi Piala AFF.

"Tiga pelatih harus menunjukan yang terbaik, agar Piala AFF lebih banyak yang tahu. Saya akan bekerja keras, dan berusaha lebih agar menunjukkan sepak bola Indonesia bisa maju dan jauh lebih baik dari sebelumnya," tegasnya.

3 dari 3 halaman

Piala Dunia-nya ASEAN

Shin Tae-yong menyebut sebelum adanya pelatih Korea Selatan di tim-tim Asia Tenggara, orang Korea Selatan jarang yang mengetahui mengenai Piala AFF 2022.

Padahal menurut Shin Tae-yong, Piala AFF memiliki dampak besar bagi sepak bola Asia Tenggara. Turnamen ini layaknya Piala Dunia mini.

"Piala AFF ini memang bisa disebut Piala Dunia Asia Tenggara, sebelumnya tidak begitu diketahui di Korsel tentang turnamen ini," tandasnya.

Video Populer

Foto Populer