Sukses


Teknis Pengamanan Duel Timnas Indonesia Vs Kamboja di Piala AFF 2022, Polri: Hanya Steward di Dalam Stadion

Bola.com, Jakarta - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) membeberkan teknis pengamanan saat Timnas Indonesia menjamu Kamboja dalam laga Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Jumat (23/12/2022).

Dalam keterangannya, Asops Kapolri Irjen Agung Setya Imam Effendi, menjelaskan bahwa akan ada pembagian tugas pengamanan antara steward dan personel kepolisian. Khusus untuk pengamanan di dalam stadion, sepenuhnya akan dikawal oleh steward.

"Pengamanan di dalam stadion disebut zona 1. Dalam zona 1 ini steward atau penjaga keamanan yang bakal melakukan pengamanan. Ada perbandingan yang harus dipenuhi steward, yaitu satu steward menjaga 50 penonton," ujar Agung Setya Imam Effendi, Rabu (21/12/2022).

"Artinya, dengan jumlah penonton di SUGBK yang diizinkan 70 persen dari kapasitas, atau sekitar 50 ribu penonton, harus ada 1.000 steward yang bertugas. Itu khusus yang menjaga di dalam stadion," lanjutnya.

 

 

2 dari 5 halaman

Personel Kepolisian Masuk Stadion Sesuai Kebutuhan

Kemudian, untuk Zona 2 adalah bagian luar stadion, termasuk titik pemeriksaan terhadap penonton yang akan masuk ke SUGBK.

"Seperti mengoperasikan alat X-ray, penggeledahan dan sebagainya. Artinya itu adalah posisi paling dekat dilakukan personel kepolisian, yaitu saat pemeriksaan penonton, tidak lebih," jelas dia.

Apabila terjadi hal yang tidak diinginkan di dalam stadion, lanjut Agung, steward melalui manajer sekuriti akan meminta bantuan ke kepolisian yang berjaga di luar.

Manajer sekuriti bertanggung jawab menentukan jumlah dan tindakan yang perlu dilakukan anggota Polri. "Merupakan keputusan dari manajer sekuriti," ujarnya.

3 dari 5 halaman

Bakal Ada Sertifikasi Pengamanan

Agung menegaskan aturan Perpol Nomor 10 Tahun 2022 merupakan regulasi yang bersifat independen, namun tetap berpedoman terhadap standar internasional. Aturan tersebut menjadi kesepakatan bersama agar ajang sepak bola Tanah Air aman dan nyaman.

"Rencananya ahli sistem manajemen keselamatan dari Converty University di Inggris yang akan memberikan pelatihan ke steward dan personel kepolisian pada 23 Januari mendatang," ujar Agung.

"Bukan hanya pelatihan, tapi juga sertifikasi atas kemampuan manajemen keselamatan dalam pertandingan sepak bola. Yang mengundang professor ini dari Polri."

"Sertifikasi tersebut melengkapi Perkap 10/2022 yang telah dibuat. Dengan sertifikasi ini diharapkan kemampuan dari anggota kepolisian dan steward bisa ditingkatkan, sesuai dengan tuntutan yang semakin komplek," Agung menandaskan.

Disadur dari: Merdeka.com (Nanda Perdanaputra, published 21/12/2022)

4 dari 5 halaman

Jadwal Timnas Indonesia Vs Kamboja

Timnas Indonesia vs Kamboja

Jumat, 23 Desember 2022

Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan

Kick-off: 16.30 WIB

Live: RCTI

 
5 dari 5 halaman

Hasil, Jadwal, dan Klasemen Piala AFF 2022

 Klasemen Grup A

Pos Tim M K S Poin
1 Thailand 1 0 0 3
2 Kamboja 1  0  0  3 
3 Indonesia 0  0  0  0 
4 Filipina 0 1 0  0 
5 Brunei 0 1 0 0

Jadwal dan Hasil Pertandingan Grup A

Kamboja Vs Filipina (3 - 2)

Brunei Vs Thailand (0 - 5)

Filipina Vs Brunei

Indonesia Vs Kamboja

Brunei Vs Indonesia

Thailand Vs Filipina

Kamboja Vs Brunei

Indonesia Vs Thailand

Thailand Vs Kamboja

Filipina Vs Indonesia

 

Klasemen Grup B

Pos Tim M K S Poin
1 Vietnam 1  0  0  3 
2 Malaysia 1  0  0  3 
3 Singapura 0  0  0  0 
4 Myanmar 0  1  0  0 
5 Laos 0 1 0 0

Jadwal dan Hasil Pertandingan Grup B

Myanmar Vs Malaysia (0 - 1)

Laos Vs Vietnam (0 - 6)

Singapura Vs Myanmar

Malaysia Vs Laos

Laos Vs Singapora

Vietnam Vs Malaysia

Myanmar Vs Laos

Singapora Vs Vietnam

Vietnam Vs Myanmar

Malaysia Vs Singapora

 

Video Populer

Foto Populer