Sukses


Mengenal Timnas Vietnam di Piala AFF 2022: Skuad Terbaik untuk Momen Perpisahan Park Hang-seo

Bola.com, Jakarta - Vietnam memulai perjuangan di Piala AFF 2022 dengan begitu meyakinkan. The Golden Stars menang telak 6-0 atas Laos pada Rabu (21/12/2022). Namun, mereka masih akan menghadapi tiga laga yang tidak mudah di Grup B.

 

Vietnam merupakan salah satu tim yang layak diunggulkan pada Piala AFF 2022 tersebut. Tim besutan Park Hang Seo ini memiliki sejumlah faktor yang membuat mereka layak menyandang gelar tersebut.

Secara historis, Vietnam merupakan tim yang memiliki sejarah bagus di Piala AFF. Tercatat, mereka dua kali menjuarai ajang ini, pada 2008 dan 2018. Secara statistik, jumlah kemenangan mereka pun merupakan yang terbaik kedua di ajang ini.

Selain itu, Vietnam juga memiliki sosok Park Hang-seo. Pelatih asal Korea Selatan ini bisa dikatakan memiliki peran krusial dalam menjadikan anak asuhnya menjadi tim yang kian disegani di kawasan Asia Tenggara.

Ajang ini merupakan perpisahan bagi Park Hang Seo dan Timnas Vietnam. Mereka tentu akan mendapat motivasi tambahan untuk tampil sebaik mungkin pada Piala AFF 2022 demi memberi perpisahan termanis bagi pelatih 65 tahun tersebut.

2 dari 5 halaman

Pemain Bintang: Nguyen Quang Hai

Berposisi sebagai gelandang serang, Nguyen Quang Hai merupakan andalan Timnas Vietnam untuk membongkar pertahanan lawan. Kreativitas merupakan andalan pemain 25 tahun ini untuk menjalankan tugasnya tersebut.

Quang Hai juga kaya pengalaman bertanding. Terlebih lagi, saat ini, ia merumput di Eropa, bersama tim kasta kedua Liga Prancis, Pau FC.

Musim ini, Quang Hai sudah sepuluh kali tampil bersama Pau FC. Dalam 244 menit bermain ini, ia juga sudah mencatatkan satu gol bersama timnya tersebut.

Mulanya Quang Hai diragukan untuk memperkuat Vietnam pada Piala AFF 2022 ini. Keraguan itu tidak lepas dari keengganan Pau FC melepas pemain berkaki kidal ini karena Piala AFF 2022 tak masuk ke dalam agenda resmi FIFA.

Namun, beberapa hari lalu, Park Hang Seo dan skuad Vietnam bisa sedikit bernapas lega. Pasalnya, Pau FC akhirnya berubah pikiran dan mengizinkan Nguyen Quang Hai untuk tampil di Piala AFF 2022.

3 dari 5 halaman

Profil Pelatih: Park Hang-seo

 

Piala AFF 2022 akan menjadi momen perpisahan bagi Park Hang-seo. Ajaneg ini akan menjadi kali terakhirnya menangani Timnas Vietnam.

Park Hang-seo dan federasi sepak bola Vietnam telah bersepakat mengakhiri kontrak mereka pada akhir Januari 2023 mendatang.

"Keputusan bersama antara VFF dan Park Hang-seo berarti bahwa turnamen terakhir Park Hang-seo dengan Timnas Vietnam adalah Piala AFF 2022 yang akan digelar pada Desember," demikian pernyataan VFF, dalam rilis di laman resmi mereka.

Dengan spesialnya status Piala AFF 2022 bagi Park Hang-seo dan Timnas Vietnam, hampir bisa dipastikan mereka tak akan tampil seadanya pada ajang ini. Tentu, mereka akan menjadikan ajang ini sebagai momen perpisahan terindah.

Park Hang-seo pun memiliki kapabilitas untuk menjadikan Piala AFF 2022 ini sebagai momen perpisahan terindah.

Setengah dekade bersama Timnas Vietnam, pelatih asal Korea Selatan tersebut mampu menjuarai Piala AFF 2018. Selain itu, ada sejumlah prestasi lain yang sudah diraih Park Hang-seo bersama Timnas Vietnam.

 

 
4 dari 5 halaman

Daftar Pemain Thailand di Piala AFF 2022

Kiper: Nguyen Van Toan (Hai Phong), Dang Van Lam (Topenland Binh Dinh FC), Tran Nguyen Manh (Viettel).

Belakang: Bui Hoang Viet Anh (Hanoi FC), Nguyen Thanh Chung (Hanoe FC), Do Duy Manh (Hanoi FC), Doan Van Hau (Hanoi FC), Vu Van Thanh (Hoang Anh Gia Lai FC), Nguyen Phong Hong Duy (Hoang Anh Gia Lai FC), Que Ngoc Hai (Song Lam Nghe An), Ho Tan Tai (TopenLand Binh Dinh FC), Nguyen Thanh Binh (Viettel FC), Bui Tien Dung (Viettel FC).

Tengah: Phan Van Duc (Cong An Nhan Dan FC), Nguyen Tuan Anh (HAGL FC), Nguyen Hai Huy (Hai Phong FC), Do Hung Dung (Hanoi FC), Chau Ngoc Quangg (Hoang Anh Gia Lai FC), Nguyen Quangg Hai (Pau FC), Nguyen Hoang Duc (Viettel FC), Khuat Van Khang (Viettel FC).

Depan: Nguyen Tien Linh (Binh Duong FC), Nguyen Van Quyet (Hanoi FC), Pham Tuan Hai (Hanoi FC), Nguyen Van Toan (Hoang Anh Gia Lai FC).

5 dari 5 halaman

Jadwal Vietnam di Grup B Piala AFF 2022

Laos vs Vietnam - New Laos National Stadium - 21 Desember 2022

Vietnam vs Malaysia - My Dinh Stadium - 27 Desember 2022

Singapura vs Vietnam - Jalan Besar Stadium - 30 Desember 2022

Vietnam vs Myanmar - My Dinh Stadium - 3 Januari 2023

Disadur dari: Bola.net (Dendy Gandakusumah, published 21/12/2022)

Video Populer

Foto Populer