Sukses


Alasan Shin Tae-yong Ganti Asnawi dan Arhan saat Timnas Indonesia Vs Kamboja di Piala AFF 2022: Jarang Main sejak Melawan Curacao

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengungkapkan penyebab mengganti Asnawi Mangkualam dan Pratama Arhan ketika berhadapan dengan Kamboja di Piala AFF 2022.

Timnas Indonesia cuma bisa menang tipis 2-1 atas Kamboja dalam partai pertama Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat pada Jumat (23/12/2022).

Dua gol Timnas Indonesia dicetak oleh Egy Maulana Vikri pada menit ketujuh dan Witan Sulaeman menit ke-35. Sementara, Kamboja hanya bisa membalas sekali lewat Saret Krya pada menit ke-15.

Asnawi Mangkualam dan Pratama Arhan bermain sebagai starter untuk Timnas Indonesia. Namun, dua pemain yang berkarier di luar negeri itu ditarik keluar pada babak kedua.

2 dari 8 halaman

Arhan Diganti, Asnawi Menyusul

Shin Tae-yong lebih dulu memanggil Pratama Arhan ke bangku cadangan untuk bertukar tempat dengan Yakob Sayuri pada menit ke-51.

Sembilan menit berselang atau menit ke-60, giliran Asnawi Mangkualam yang harus merelakan pergantian bermain dengan Edo Febriansyah.

Asnawi Mangkualam dan Pratama Arhan adalah tulang punggung Timnas Indonesia di lini belakang. Keduanya biasanya kerap bertanding selama 90 menit jika tidak mengalami cedera.

3 dari 8 halaman

Penjelasan Shin Tae-yong

Lantas, mengapa Shin Tae-yong justru mengganti Asnawi Mangkualam dan Pratama Arhan meski keduanya nihil cedera? Arsitek asal Korea Selatan itu membeberkan dasarnya dalam mengambil keputusan.

"Seperti diketahui, para pemain Timnas Indonesia banyak yang sudah lama tidak bermain, mulai dua sampai empat bulan," ujar Shin Tae-yong.

Menurut Shin Tae-yong, Asnawi Mangkualam dan Pratama Arhan tidak dalam peak performance karena jarang tampil bersama klub setelah Timnas Indonesia beruji coba dengan Curacao.

4 dari 8 halaman

Arhan Hanya Sekali Bermain Sepanjang Musim

Timnas Indonesia menang dua kali atas Curacao dalam FIFA Matchday, masing-masing 3-2 pada 24 September 2022 dan 2-1 pada 27 September 2022.

Pratama Arhan memang menjadi cadangan abadi di klub kasta kedua Liga Jepang atau J2 League, Tokyo Verdy. Dia hanya bermain sekali dalam satu babak pada 6 Juli 2022. Sisanya, pemain berkaki kidal itu tidak pernah masuk skuad.

Sementara Asnawi Mangkualam mencatatkan 26 penampilan sepanjang musim 2022 bagi tim divisi kedua Liga Korea Selatan alias K League 2, Ansan Greeners.

5 dari 8 halaman

Ungkapan Shin Tae-yong

Setelah membela Timnas Indonesia kontra Curacao, Asnawi Mangkualam bermain dua kali untuk Ansan Greeners karena K League 2 telah tuntas pada pertengahan Oktober 2022.

"Apalagi Arhan, yang tidak pernah bermain setelah pertandingan melawan Curacao. Asnawi juga mengalami cedera otot setelah laga kontra Curacao dan bermain hanya dua kali," jelas Shin Tae-yong.

"Secara keseluruhan, performa para pemain kurang baik. Terutama kondisi fisik yang belum maksimal sehingga mereka diganti. Ke depannya pasti akan lebih baik," tutur Shin Tae-yong.

6 dari 8 halaman

23 Pemain Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022

Kiper: Nadeo Argawinata (Bali United), Muhammad Riyandi (Persis Solo), Syahrul Trisna (Persikabo 1973)

Bek: Fachruddin Aryanto (Madura United), Jordi Amat (Johor Darul Ta'zim), Hansamu Yama (Persija Jakarta), Rizky Ridho (Persebaya Surabaya), Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners), Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Edo Febriansyah (RANS Nusantara FC)

Gelandang: Marc Klok (Persib Bandung), Rachmat Irianto (Persib Bandung), Syahrian Abimanyu (Persija Jakarta), Ricky Kambuaya (Persib Bandung), Egy Maulana Vikri (Tanpa Klub), Witan Sulaeman (AS Trencin), Saddil Ramdani (Sabah FC), Yakob Sayuri (PSM Makassar), Marselino Ferdinan (Persebaya Surabaya)

Penyerang: Ilija Spasojevic (Bali United), Ramadhan Sananta (PSM Makassar), Muhammad Rafli (Arema FC), Dendy Sulistyawan (Bhayangkara FC)

7 dari 8 halaman

Hasil dan Jadwal Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

23 Desember 2022

  • Timnas Indonesia Vs Kamboja
  • Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta
  • Kick-off 16.30 WIB
  • Live RCTI

26 Desember 2022

  • Brunei Darussalam Vs Timnas Indonesia
  • Kuala Lumpur Stadium, Kuala Lumpur
  • Kick-off 17.00 WIB
  • Live RCTI

29 Desember 2022

  • Timnas Indonesia Vs Thailand
  • Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta
  • Kick-off 16.30 WIB
  • Live RCTI

2 Januari 2023

  • Filipina Vs Timnas Indonesia
  • Rizal Memorial Stadium, Manila
  • Kick-off 19.30 WIB
  • Live RCTI
8 dari 8 halaman

Klasemen Sementara Piala AFF 2022

 Klasemen Grup A

Pos Tim M K S Poin
1 Thailand 1 0 0 3
2 Filipina
3 Indonesia
4 Kamboja 1 1
5 Brunei 0 2 0 0

Jadwal dan Hasil Pertandingan Grup A

Kamboja Vs Filipina (3 - 2)

Brunei Vs Thailand (0 - 5)

Filipina Vs Brunei (5 - 1)

Indonesia Vs Kamboja (2 - 1)

Brunei Vs Indonesia

Thailand Vs Filipina

Kamboja Vs Brunei

Indonesia Vs Thailand

Thailand Vs Kamboja

Filipina Vs Indonesia

 

Klasemen Grup B

Pos Tim M K S Poin
1 Vietnam
2 Malaysia
3 Singapura
4 Myanmar
5 Laos 0 1 0 0

Jadwal dan Hasil Pertandingan Grup B

Myanmar Vs Malaysia (0 - 1)

Laos Vs Vietnam (0 - 6)

Singapura Vs Myanmar

Malaysia Vs Laos

Laos Vs Singapora

Vietnam Vs Malaysia

Myanmar Vs Laos

Singapora Vs Vietnam

Vietnam Vs Myanmar

Malaysia Vs Singapora

 

Video Populer

Foto Populer