Sukses


Hasil Piala AFF 2022: Sergio Aguero Bantu Malaysia Hajar Laos, Singapura Menang Tipis atas Myanmar

Bola.com, Jakarta - Timnas Malaysia meraih kemenangan keduanya di Piala AFF 2022. Sabtu (24/12/2022) malam WIB, Harimau Malaya menang 5-0 atas Timnas Laos.

Timnas Malaysia tampil percaya diri menghadapi laga ini. Puluhan ribu pendukung yang memadati Stadion Bukit Jalil di Kuala Lumpur semakin menambah level kepercayaan diri skuad Kim Pan-gon.

Setelah terus menekan, Timnas Malaysia akhirnya mencetak gol pada menit ke-29. Pemain naturalisasi, Sergio Aguero berhasil mencetak gol bagi Harimau Malaya.

Aguero berada di posisi yang tepat. Dengan mudah, ia mencocor bola masuk ke dalam gawang Timnas Laos. Itu adalah gol pertamanya bagi Timnas Malaysia.

2 dari 6 halaman

Terus Menekan

Mukhairi Ajmal melepaskan tembakan dari tepi kotak penalti pada menit ke-40. Namun kiper Laos, Keo Souvannasangsgo masih sigap menahan bola.

Beberapa saat jelang babak pertama usai, Timnas Malaysia sempat mendapatkan peluang. Kesalahan pemain belakang Laos dalam membuang bola nyaris masuk ke gawang mereka sendiri. Beruntung kiper Laos, Keo Souvannasangsgo masih bisa menepis bola.

Malaysia terus menggempur pertahanan Laos di sisa babak pertama. Namun, skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah tidak berubah hingga babak pertama berakhir.

3 dari 6 halaman

Babak Kedua

Malaysia tampak bernafsu untuk menambah keunggulan. Pada awal babak kedua pelatih Malaysia, Kim Pan-gon memasukkan dua lagi pemain naturalisasi yakni Brendan Gan dan Lee Tuck.

Sepanjang 20 menit, Malaysia tampak kesulitan mengembangkan permainan. Di sisi lain, Laos mencoba beberapa upaya tembakan jarak jauh.

Memasuki menit ke-65, Faisal Halim akhirnya bisa mencetak gol kedua Malaysia pada laga ini. Tandukannya tak bisa ditahan kiper Laos. Safawi Rashid lagi-lagi menjadi pemberi assist untuk gol ini.

4 dari 6 halaman

Gol Lagi

Hanya berselang empat menit, Faisal Halim lagi-lagi mencetak gol dengan kepalanya. Malaysia tampak semakin percaya diri menekan Laos.

Malaysia semakin menggila. Azim Haqimi mampu mencetak gol pada menit ke-78. Tembakan kerasnya dari jarak dekat tak bisa ditahan kiper Laos.

Memasuki menit ke-87, Stuart Wilkins menambah penderitaan Laos. Ia mencetak gol melalui tendangan keras dari luar kotak penalti.

Laos mendapatkan dua peluang dari luar kotak penalti pada akhir babak kedua. Namun, dua peluang itu hanya tipis saja di sisi kanan gawang Malaysia.

Kemenangan dengan skor besar ini membuat Malaysia melesat ke posisi puncak klasemen Grup B Piala AFF 2022. Brendan Gan dkk mengoleksi enam poin dari dua laga.

Di sisi lain, Laos kian terpuruk di dasar klasemen. Tim asuhan Michael Weiss bahkan sudah kebobolan 11 kali dari dua laga.

5 dari 6 halaman

Laga Lain

Sementara itu pada laga yang lain, Timnas Singapura sukses mengalahkan Timnas Myanmar. Laga yang berlangsung di Stadion Jalan Besar itu berhasil dimenangkan Singapura dengan skor 3-2.

Ilham Fandi, Shah Shairan, dan Shawal Anuar menjadi pencetak gol bagi Singapura. Sementara Myanmar hanya bisa membalas dua kali lewat dua gol dari Maung Maung Lwin.

Singapura dengan tiga poin menempati posisi ketiga klasemen sementara Grup B. Di sisi lain, Myanmar harus puas berada di posisi empat dengan poin nol.

6 dari 6 halaman

Daftar Susunan Pemain

Malaysia (3-4-3): Rahadiazli Rahalim (Kiper), Quentin Cheng, Sharul Nazeem, Fazly Mazlan (Belakang), Shamie Iszuan, David Rowley, Mukhairi Ajmal, Mohd Norhakim (Tengah), Safawi Rashid, Sergio Aguero, Faisal Halim (Depan).

Pelatih: Kim Pan-gon

Laos (4-4-2): Keo Souvannasangsgo (Kiper), At Viengkham, Anantaza Siphongphan, Nalongsith Chanthalangsy, Photthavong Sangvilay (Belakang), Anousone Xaypanya, Manolom Phetphakdy, Soukaphone Vongchiengkham, Phithack Kongmathilath (Tengah), Ekkamai Ratxachak, Chony Wenpaserth (Depan).

Pelatih: Michael Weiss

 

Video Populer

Foto Populer