Sukses


5 Pemain Timnas Indonesia yang Main Cakep ketika Bantai Brunei 7-0 di Piala AFF 2022: Edo Febriansyah GG, Yakob Sayuri Supersub

Bola.com, Kuala Lumpur - Mesin Timnas Indonesia telat panas ketika menantang Brunei Darussalam di Piala AFF 2022. Namun, tim berjulukan Skuad Garuda itu tetap mampu menang besar.

Timnas Indonesia berhasil berpesta tujuh gol tanpa balas ke gawang Brunei Darussalam dalam matchday ketiga Grup A Piala AFF 2022 di Kuala Lumpur Stadium, Kuala Lumpur, Senin (26/12/2022).

Tujuh gol Timnas Indonesia dicetak oleh tujuh pemain berbeda yaitu Syahrian Abimanyu pada menit ke-20, Dendy Sulistyawan menit ke-41, dan Egy Maulana Vikri menit ke-59.

Selain itu, gol Timnas Indonesia juga berasal dari kaki Ilija Spasojevic pada menit ke-60, Ramadhan Sananta menit ke-68, Marc Klok menit ke-86, dan Yakob Sayuri menit ke-90+2.

Brunei Darussalam terpaksa bermain dengan 10 orang sejak babak pertama setelah Alinur Rashimy menerima kartu kuning kedua pada menit ke-38 akibat melanggar Saddil Ramdani.

Lantas, siapa saja pemain Timnas Indonesia yang bermain cakep ketika menghajar Brunei Darussalam di Piala AFF 2022?

2 dari 7 halaman

Syahrian Abimanyu

Syahrian Abimanyu menjadi pemecah kebuntuan Timnas Indonesia. Golnya pada menit ke-20 menjadi pembuka keran gol tim yang dijuluki Skuad Garuda itu.

Setelah sama sekali tidak bermain ketika melawan Kamboja, Syahrian Abimanyu beraksi sebagai starter dan tampil selama 90 menit saat menghadapi Brunei Darussalam.

Sesuai keahliannya yang jago passing, pemain berusia 23 tahun itu beberapa kali melepaskan umpan-umpan manja dari lini tengah kepada Ilija Spasojevic dkk.

3 dari 7 halaman

Ilija Spasojevic

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memasang Ilija Spasojevic bermain sejak menit pertama ketika bersua Brunei Darussalam. Kepercayan arsitek asal Korea Selatan itu dibayar lunas.

Pemain yang dijuluki Spasogoal itu membuat assist untuk gol Syahrian Abimanyu. Striker naturalisasi itu lalu mencetak gol keempat Timnas Indonesia melalui back-heel cantiknya pada menit ke-60.

4 dari 7 halaman

Asnawi Mangkualam

Asnawi Mangkualam bermain sangat agresif saat bentrok dengan Brunei Darussalam. Pemain yang menjadi kapten Timnas Indonesia menggantikan Fachruddin Aryanto itu terus berpenetrasi ke lini pertahanan lawan.

Manuver Asnawi Mangkualam ke zona 12 pas Brunei Darussalam berbuah gol Spasojevic. Pemain berusia 23 tahun itu juga hampir mencatatkan assist jika umpan manjanya dapat dimaksimalkan Hansamu Yama yang telah berdiri di bibir gawang lawan.

5 dari 7 halaman

Yakob Sayuri

Yakob Sayuri menggambarkan definisi supersub Timnas Indonesia sesungguhnya. Cuma bertanding selama 27 menit, tetapi pemain PSM Makassar itu mampu berkontribusi sangat besar.

Yakob Sayuri mencetak gol penutup Timnas Indonesia pada menit ke-90+2. Selain itu, winger berusia 25 tahun itu juga mengirimkan umpan untuk gol Ramadhan Sananta pada menit ke-69 dan Marc Klok menit ke-86.

6 dari 7 halaman

Edo Febriansyah

Sejumlah warganet menganggap Edo Febriansyah layak menerima status sebagai man of the match laga Brunei Darussalam kontra Timnas Indonesia. Bagaimana tidak, Edo Febriansyah bermain penuh semangat sepanjang pertandingan.

Pemain asal RANS Nusantara FC itu memberikan dua assist untuk gol Egy Maulana Vikri pada menit ke-59 dan Yakob Sayuri menit ke-90+2. Penampilan impresif Edo Febriansyah juga mengirimkan sinyal persaingan kepada Pratama Arhan.

7 dari 7 halaman

Hasil dan Klasemen Grup A Piala AFF 2022

 Klasemen Grup A

Pos Tim M K S Poin
1 Indonesia 2 0 0 6
2 Thailand 6
3 Filipina  1 3
4 Kamboja 1 1 3
5 Brunei 0 3 0 0

Jadwal dan Hasil Pertandingan Grup A

20 Desember 2022

  • Kamboja Vs Filipina (3 - 2)
  • Brunei Vs Thailand (0 - 5)

23 Desember 2022

  • Filipina Vs Brunei (5 - 1)
  • Indonesia Vs Kamboja (2 - 1)

26 Desember 2022

  • Brunei Vs Indonesia (7 - 0)
  • Thailand Vs Filipina

29 Desember 2022

  • Kamboja Vs Brunei
  • Indonesia Vs Thailand

2 Januari 2022

  • Thailand Vs Kamboja
  • Filipina Vs Indonesia

Video Populer

Foto Populer