Sukses


3 Momen Dramatis Timnas Indonesia Vs Brunei 7-0 di Piala AFF 2022: Backheel Spaso, Dendy Duduk Aja Cetak Gol, Hansamu Cosplay Nunez

Bola.com, Kuala Lumpur - Timnas Indonesia mengamuk di kandang Brunei Darussalam pada Piala AFF 2022. Tim berjulukan Skuad Garuda itu berhasil membantai tuan rumah.

Timnas Indonesia berpesta tujuh gol tanpa balas ke gawang Brunei Darussalam dalam matchday ketiga Grup A Piala AFF 2022 di Kuala Lumpur Stadium, Kuala Lumpur, Senin (26/12/2022).

Tujuh gol Timnas Indonesia dicetak oleh tujuh pemain berbeda yaitu Syahrian Abimanyu pada menit ke-20, Dendy Sulistyawan menit ke-41, hingga Egy Maulana Vikri menit ke-59.

Selain itu, gol Timnas Indonesia juga berasal dari Ilija Spasojevic pada menit ke-60, Ramadhan Sananta menit ke-68, Marc Klok menit ke-86, dan Yakob Sayuri menit ke-90+2.

Brunei Darussalam terpaksa bermain dengan sepuluh orang sejak babak pertama setelah Alinur Rashimy menerima kartu kuning kedua pada menit ke-38 akibat melanggar Saddil Ramdani.

Apa saja kejadian dramatis dalam laga Brunei Darussalam kontra Timnas Indonesia di Piala AFF 2022? Berikut Bola.com merangkum tiga di antaranya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 9 halaman

Dendy Sulistyawan Cetak Gol Sambil Duduk

Dendy Sulistyawan mencetak gol sambil duduk. Kejadian itu bermula dari kemelut di depan gawang Brunei Darussalam.

Kejadian berawal dari umpan Egy Maulana Vikri ke Asnawi Mangkualam di sisi kanan lini pertahanan Brunei Darussalam. Asnawi lalu mengirimkan memantul mendatar ke kotak penalti lawan.

Dendy Sulistyawan mencoba memerosot untuk menyambut umpan Asnawi Mangkualam, tapi tidak kena. Bola kemudian menyentuh kiper Brunei Darussalam, Hamie Anak Nyaring sebelum kembali mengarah ke Dendy.

Sembari menahan badannya dengan setengah jongkok, Dendy Sulistyawan mencocor bola untuk membawa Timnas Indonesia unggul pada menit ke-41.

3 dari 9 halaman

Backheel Ilija Spasojevic

Sebelum mencatatkan namanya di papan skor, suara miring dari netizen telah terdengar terhadap penampilan Ilija Spasojevic. Penyerang naturalisasi itu dianggap kurang berkontribusi.

Namun, pemain yang karib dipanggil Spaso itu membuktikan bahwa penilaian warganet salah. Ilija Spasojevic berhasil membobol gawang Brunei Darussalam pada menit ke-60.

Menerima umpan dari Asnawi Mangkualam, Ilija Spasojevic yang berdiri persis di depan kiper Hamie Anak Nyaring mampu memasukkan bola dengan tumitnya alias backheel.

4 dari 9 halaman

Hansamu Yama Cosplay Darwin Nunez

Hansamu Yama membuang peluang emas ketika membela Timnas Indonesia berhadapan dengan Brunei Darussalam di Piala AFF 2022. Bek berusia 27 tahun itu gagal mencetak gol meski telah berada di depan gawang lawan.

Kejadian bermula dari penetrasi Asnawi Mangkualam ke kotak penalti Brunei Darussalam. Kapten Timnas Indonesia itu lalu melepaskan umpan ke tiang dua yang mengarah ke Hansamu Yama.

Kiper Brunei Darussalam, Haimi Anak Nyaring sudah pasrah dengan operan dari Asnawi Mangkualam kepada Hansamu Yama. Sebab, bola hanya berjarak sekitar satu meter dari garis gawangnya.

Hansamu Yama lantas menyontek bola dengan kaki kanannya. Akan tetapi, bola justru melambung tinggi ke atas gawang Brunei Darussalam.

Peristiwa itu mengingatkan netizen kepada striker Liverpool, Darwin Nunez yang gagal menceploskan bola ke gawang kosong saat melawan Ajax Amsterdam di Liga Champions 2022/2023.

5 dari 9 halaman

Gol Duduk Dendy

6 dari 9 halaman

Backheel Spaso

7 dari 9 halaman

Darwin Hansamu Yama Nunez

8 dari 9 halaman

Hasil dan Klasemen Sementara Piala AFF 2022

 Klasemen Grup A

Pos Tim M K S Poin
1 Thailand 1 0 0 3
2 Filipina 1  1  0  3 
3 Indonesia 1  0  0  3 
4 Kamboja 1 1 0  3 
5 Brunei 0 2 0 0

Jadwal dan Hasil Pertandingan Grup A

Kamboja Vs Filipina (3 - 2)

Brunei Vs Thailand (0 - 5)

Filipina Vs Brunei (5 - 1)

Indonesia Vs Kamboja (2 - 1)

Brunei Vs Indonesia (0 - 5)

Thailand Vs Filipina

Kamboja Vs Brunei

Indonesia Vs Thailand

Thailand Vs Kamboja

Filipina Vs Indonesia

 

Klasemen Grup B

Pos Tim M K S Poin
1 Malaysia 2 0  0  6
2 Vietnam 1  0  0  3 
3 Singapura 1 0  0  3
4 Myanmar 0 2 0  0 
5 Laos 0 2 0 0

Jadwal dan Hasil Pertandingan Grup B

Myanmar Vs Malaysia (0 - 1)

Laos Vs Vietnam (0 - 6)

Singapura Vs Myanmar (3 - 2)

Malaysia Vs Laos (6 - 0)

Laos Vs Singapora

Vietnam Vs Malaysia

Myanmar Vs Laos

Singapora Vs Vietnam

Vietnam Vs Myanmar

Malaysia Vs Singapora

 

9 dari 9 halaman

Laporan Bola.com dari Malaysia

<p>Liputan Eksklusif - Piala AFF 2022 dari Malaysia - Zulfirdaus Harahap (Bola.com/Adreanus Titus)</p> 

Nikmati sajian liputan Piala AFF 2022 Bola.com langsung dari Malaysia. Yuk ikuti, klk tautan ini. 

Video Populer

Foto Populer