Sukses


Analisis Laga Timnas Indonesia Vs Brunei di Piala AFF 2022: Duo Bek Sayap Galak Banget

Bola.com, Kuala Lumpur - Timnas Indonesia bermain beringas saat berhadapan dengan Brunei Darussalam pada laga lanjutan Piala AFF 2022 di Stadion KLFA, Malaysia, Senin (26/12/2022) petang WIB. Tak tanggung-tanggung Tim Garuda menggelontorkan tujuh gol tanpa balas.

Walau begitu, sejatinya Timnas Indonesia tak serta merta menang dengan mudah. Bahkan pada awal laga, mereka sempat tertekan sebelum akhirnya Syahrian Abimanyu mencatatkan gol pembuka pada menit ke-20.

Namun, situasi berubah setelah Alinur Rashimy Jufri mendapatkan kartu kuning kedua pada menit ke-38. Dendy Sulistyawan lantas menyegel keunggulan dua gol Timnas Indonesia atas Brunei pada babak pertama.

Masuk paruh kedua, Tim Merah-Putih mengamuk. Timnas Indonesia tampil efektif dengan menjebol gawang Brunei lima kali melalui Egy Maulana Vikri (59'), Ilija Spasojevic (60'), Ramadhan Sananta (68'), Marc Klok (86'), dan Yakob Sayuri (90+2').

Penampilan hebat ini jelas jauh lebih baik dibandingkan saat Timnas Indonesia menang tipis atas Kamboja pada laga perdana Grup A Piala AFF 2022. Tetapi, siapa yang lantas menyandang status pemain terbaik di pertandingan ini?

 

2 dari 5 halaman

Kontribusi Besar Duo Bek Sayap

Timnas Indonesia sempat menggunakan pakem tiga bek dalam beberapa kesempatan terakhir. Namun di Piala AFF 2022, pelatih Shin Tae-yong sepertinya lebih memilih skema empat bek sejajar.

Keputusan tersebut terbukti tepat dalam kemenangan besar atas Brunei Darussalam. Kedua pos bek sayap yang ditempati Asnawi Mangkualam Bahar dan Edo Febriansyah terus menebar ancaman sepanjang laga.

Tusukan keduanya berulang kali membuat pertahanan lawan kalang kabut. Alhasil, Indonesia begitu mudah menerobos pertahanan lawan dengan keunggulan di sektor sayap.

 

3 dari 5 halaman

Kapten Fantastis

Tak salah bila pelatih yang akrab disapa STY tersebut memercayai Asnawi Mangkualam Bahar sebagai kapten pada laga ini. Kontribusinya terlihat nyata dalam kemenangan fantastis Indonesia malam ini.

Mungkin secara statistik, ia hanya tercatat menciptakan satu assist. Namun, kontribusinya jauh lebih besar dari itu. Beberapa gol lainnya juga dimulai dari umpan silangnya yang memanjakan pemain depan.

Sayangnya, kita tak bisa terlalu lama melihat penampilannya pada laga tersebut. Shin Tae-yong langsung menariknya setelah satu jam permainan saat Indonesia telah unggul empat gol tanpa balas atas Brunei.

 

4 dari 5 halaman

Yakob Sayuri Manfaatkan Momentum

Yakob Sayuri seolah mendapatkan berkah saat masuk menggantikan Asnawi Mangkualam pada menit ke-63. Sektor kiri pertahanan Brunei Darussalam yang sudah kepayahan menjaga kompatriotnya tersebut, terlihat begitu mudah dieksploitasi.

Alhasil, pemain klub PSM Makassar itu mendapatkan ruang yang sangat terbuka untuk terus masuk ke pertahanan lawan. Yakob akhirnya sukses mencatatkan satu gol dan dua assist dalam duel tersebut.

5 dari 5 halaman

Klasemen dan Hasil Grup A Piala AFF 2022

 Klasemen Grup A

Pos Tim M K S Poin dan selisih gol
1 Thailand 2 0 0 6 (9-0, 9)
2 Indonesia 6 (9-1, 8)
3 Kamboja  1 1 3 (4-4, 0)
4 Kamboja 1 2 3 (7-8, -1)
5 Brunei 0 3 0 0 (1-17, -16)

Jadwal dan Hasil Pertandingan Grup A

20 Desember 2022

  • Kamboja Vs Filipina (3 - 2)
  • Brunei Vs Thailand (0 - 5)

23 Desember 2022

  • Filipina Vs Brunei (5 - 1)
  • Indonesia Vs Kamboja (2 - 1)

26 Desember 2022

  • Brunei Vs Indonesia (7 - 0)
  • Thailand Vs Filipina (4 - 0)

29 Desember 2022

  • Kamboja Vs Brunei
  • Indonesia Vs Thailand

2 Januari 2022

  • Thailand Vs Kamboja
  • Filipina Vs Indonesia

Video Populer

Foto Populer