Sukses


Wejangan Teco untuk Ilija Spasojevic di Timnas Indonesia: Ikuti Saja Taktik Shin Tae-yong

Bola.com, Gianyar - Penantian Ilija Spasojevic selama hampir empat tahun tak mencetak gol bersama Timnas Indonesia akhirnya terbayar lunas. Setelah terakhir kali mencetak gol pada Maret 2019, Spaso kembali mengukir namanya di papan skor tahun ini.

Kali ini, dia menorehkan gol ke gawang Brunei Darussalam pada matchday kedua Grup A Piala AFF 2022 di KLFA Stadium, Malaysia, Senin (26/12/2022). Spaso berhasil mencetak satu gol dan satu assist.

Timnas Indonesia pun berhasil menang tujuh gol tanpa balas atas Brunei. Hasil itu membuat Tim Garuda bertengger di peringkat kedua Grup A, kalah selisih gol dari Thailand yang menempati posisi teratas.

Spaso senang dengan kemenangan ini. Apalagi dia berhasil mencetak gol untuk Timnas Indonesia setelah puasa cukup lama.

Keyakinan pelatih Bali United, Stefano Cugurra, dibayar tuntas oleh jebolan Mitra Kukar dan Persib Bandung itu saat menghadapi Brunei Darussalam.

Namun, masih ada tantangan lainnya karena Thailand sudah menunggu di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 29 Desember mendatang. Teco mengaku yakin anak asuhnya tersebut bisa tampil apik selama Piala AFF 2022.

"Saya yakin Ilija Spasojevic bisa bantu banyak di Timnas Indonesia, seperti dia bantu Bali United untuk meraih juara. Sekarang dia punya kesempatan itu,” terang pelatih yang akrab disapa Teco tersebut.

 

2 dari 5 halaman

Wejangan untuk Nadeo

Nadeo Arga Winata juga tidak luput dari tanggapan mantan arsitek Persija Jakarta itu. Jika Spaso cetak gol di lini depan, Nadeo harus menjaga gawangnya tetap perawan.

Sejauh ini baru satu gol yang bersarang ke gawang Timnas Indonesia yang dikawal Nadeo. "Tutup belakang," ujarnya singkat.

 

3 dari 5 halaman

Ikuti Instruksi Shin Tae-yong

Yang jelas jika ingin tampil apik dan berkontribusi besar untuk Timnas Indonesia dalam setiap pertandingan, Spasjevic disarankan Teco untuk mengikuti setiap instruksi yang diberikan Shin Tae-yong.

Teco tahu skema yang dilakukan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia dengannya di Bali United akan berbeda. Selama tiga tahun terakhir, Spaso selalu nyaman dengan gaya permainan Teco, dan hal tersebut harus diubah sejenak ketika bersama Timnas Indonesia.

"Dia harus selalu ikuti taktik dari Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, karena saya punya taktik lain di Bali United. Dia harus bisa menyesuaikan diri di sana. Tetapi ketika kembali lagi ke Bali United, dia harus mengikuti taktik saya kembali,” ungkap Teco.

 

4 dari 5 halaman

Menjalankan Perintah dengan Baik

Wejangan Teco pun berbuah manis. Spaso tidak mau menunggu bola datang, namun dia banyak bergerak. Ini juga sesuai dengan instruksi khusus yang diberikan oleh Shin Tae-yong.

"Saya perintahkan Spaso untuk banyak bergerak dan fokus mencetak gol. Spaso menjalankan perintah saya dengan baik," kata pelatih asal Brasil tersebut. 

5 dari 5 halaman

Klasemen dan Hasil Grup A Piala AFF 2022

 Klasemen Grup A

Pos Tim M K S Poin dan selisih gol
1 Thailand 2 0 0 6 (9-0, 9)
2 Indonesia 6 (9-1, 8)
3 Kamboja  1 1 3 (4-4, 0)
4 Kamboja 1 2 3 (7-8, -1)
5 Brunei 0 3 0 0 (1-17, -16)

Jadwal dan Hasil Pertandingan Grup A

20 Desember 2022

  • Kamboja Vs Filipina (3 - 2)
  • Brunei Vs Thailand (0 - 5)

23 Desember 2022

  • Filipina Vs Brunei (5 - 1)
  • Indonesia Vs Kamboja (2 - 1)

26 Desember 2022

  • Brunei Vs Indonesia (7 - 0)
  • Thailand Vs Filipina (4 - 0)

29 Desember 2022

  • Kamboja Vs Brunei
  • Indonesia Vs Thailand

2 Januari 2022

  • Thailand Vs Kamboja
  • Filipina Vs Indonesia

Video Populer

Foto Populer