Sukses


Menerawang Nasib Penggawa Timnas Indonesia yang Berkiprah di Luar Negeri: Siapa Paling Moncer Nih?

Bola.com, Jakarta - Tidak sedikit pesepak bola dan juga anggota Timnas Indonesia yang berkarier di luar negeri. Negara yang dituju pun beragam, mulai dari Malaysia, Thailand, Korea Selatan, hingga Eropa.

Nama-nama semacam Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Asnawi Mangkualam, hingga Pratama Arhan adalah contoh dari sederet pesepak bola Tanah Air yang abroad atau melanjutkan karier sepak bolanya di luar negeri. Mereka juga sedang memperkuat Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2022.

Alasan utama para pemain-pemain tersebut meniti karier ke luar negeri tentu saja demi meningkatkan level permainan mereka. Terlebih, selama ini ada anggapan jika masih berkiprah di kancah dalam negeri karier sepak bolanya masih tertinggal.

Meski begitu tidak dari pemua pemain memiliki perjalanan karier yang mulus. Ada yang sukses, ada pula yang gagal atau belum mampu bersaing bersama klubnya.

Lantas, bagaimana nasib beberapa pemain yang saat ini masih berkarir di luar negeri? Soal ini, kapten tim PSIM Yogyakarta Aditya Putra Dewa memberikan pendapatnya.

2 dari 4 halaman

Pratama Arhan

Pratama Arhan resmi berseragam klub J-League 2, Tokyo Verdy pada awal tahun 2022. Musim perdana Arhan di Jepang memang tak sesuai harapan. Eks pemain PSIS Semarang itu minim menit bermain.

Total dia hanya mendapat kesempatan tampil selama 45 menit dari beberapa laga bersama Tokyo Verdy. Selain karena kesulitan bersaing, Pratama Arhan juga sempat didera cedera.

Meski begitu, Aditya Putra Dewa meyakini masa depan Pratama Arhan bakal sangat cerah. Asal, dia tidak gampang menyerah dan mau bersabar dalam meraih mimpi.

"Saya rasa dia bisa menjadi generasi emas Indonesia yang sekarang. Saya pikir dengan usaha dan tekad keras pasti Arhan bisa punya kerier yang cerah di Jepang. Mungkin bisa pindah klub untuk dapat menit bermain," ujar Aditya Putra Dewa kepada Bola.com Selasa (27/12/2022).

3 dari 4 halaman

Witan Sulaeman

Witan Sulaeman kini merumput di Liga Slovakia bersama AS Trencin. Ini menjadi klub keempatnya selama berkarier di Eropa. Pemain berusia 21 tahun itu dikontrak selama dua tahun di AS Trencin.

Adapun tiga klub sebelumnya yang diperkuat Witan yakni Radnik Surdulica (Serbia), Lechia Gdansk (Polandia) dan FK Senica (Slovakia).

Witan Sulaeman juga tampil begitu impresif bersama FK Senica. Dari 12 penampilan, dia mampu membukukan empat gol dan satu assist.

"Witan Sulaeman pemain muda yang menjanjikan. Di Eropa dia sudah menunjukkan kematangannya. Naluri mencetak gol tidak perlu diragukan lagi. Kuncinya konsistensi saja, saya yakin dia bisa lebih bersinar apalagi umurnya masih muda," kata mantan pemain PSS Sleman itu.

4 dari 4 halaman

Asnawi Mangkualam

Satu nama lagi yang tengah berkarier di luar negeri yakni Asnawi Mangkualam Bahar. Eks pemain PSM Makassar itu kini bermain di tim kasta kedua Liga Korea Selatan, Ansan Greeners. Musim ini Asnawi tampil dalam 27 pertandingan di K League maupun Korean FA Cup.

Total, dia menyumbangkan dua gol dan dua assist untuk timnya. Bisa dibilang ini jadi musim terbaik bagi Asnawi sejak didatangkan pada Januari 2021 lalu. Penampilan bek berusia 23 tahun itu cukup mengalami peningkatan. Sebab, pada musim lalu Asnawi cuma mencatatkan satu assist dari 15 pertandingan.

"Sangat baik menurut saya prospek pemain-pemain kita yang berkarier di luar negeri. Saya selalu respect sama pemain Indonesia yang berani keluar dari zona nyaman untuk berkarier di luar negeri, termasuk Asnawi Mangkualam," ucap Aditya Putra Dewa.

"Dan kami bisa melihat di Timnas sekarang mereka sudah menjadi fondasi yang kuat ada Asnawi Mangkualam, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Pratama Arhan, Elkan Baggott dan Saddil Ramdhani semakin menunjukkan kematangannya," pungkasnya.

Video Populer

Foto Populer