Sukses


Catatan Lini Pertahanan Timnas Indonesia setalah Dua Laga di Piala AFF 2022: Harus Lebih Rapat saat Hadapi Thailand

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia telah menjalani dua laga di Piala AFF 2022. Tim Merah-Putih meraih dua kemenangan dalam dua laga itu.

Pada laga perdana, Timnas Indonesia hanya bisa menang 2-1 atas Timnas Kamboja. Ketika bertandang ke markas Brunei Daerussalam, Senin (26/12/2022), Timnas Indonesia menang telaj 7-0.

Dua laga itu menjadi ajang pemanasan yang tepat bagi Timnas Indonesia. Sebab, pada Kamis (29/12/2022), skuad asuhan Shin Tae-yong akan menghadapi lawan kuat, Timnas Thailand.

Shin Tae-yong tentu akan melakukan pendekatan yang berbeda ketika menghadapi Thailand. Sebab, kualitas Thailand jauh lebih baik ketimbang dua lawan Timnas Indonesia sebelumnya.

2 dari 5 halaman

Duet Berbeda

Ketika menghadapi Kamboja, Shin Tae-yong memasang Fachruddin Aryanto dan Jordi Amat di posisi bek tengah. Keduanya didampingi Asnawi Mangkualam dan Pratama Arhan saat itu.

Duet Amat dan Fachruddin bisa diktakan cukup baik. Meski keduanya sempat salah mengantisipasi bola atas yang mengarah ke gawang Indonesia sehingga berbuah gol.

Ketika menghadapi Brunei Darussalam, Shin Tae-yong melakukan rotasi besar-besaran. Perubaha dilakukan nyaaris di semua posisi, termasuk di posisi bek tengah.

Pada laga ini, Hansamu Yama dan Rizky Ridho mendapatkan kesempatan mengawal lini pertahanann Tim Merah-Putih. Performa keduanya cukup baik, meski pada laga melawan Brunei lini belakang Timnas Indonesia tidak terlalu mendapatkan tekanan.

3 dari 5 halaman

Harus Lebih Rapat

Shin Tae-yong menggunakan formasi dasar 4-3-3 dalam dua laga perdana di Piala AFF 2022. Formasi itu memang tergolong ofensif.

Terutama pada laga menghadapi Timnas Kamboja. Tiga gelandang yang diturunkan pada laga itu yakni Marc Klok, Ricky Kambuaya, dan Marselino Ferdinan bisa diplot sebagai gelandang yang lebih ofensif.

Menghadapi Thailand, Shin tampaknya akan melakukan pendekatan yang berbeda. Pelatih asal Korea Selatan itu bisa kembali menerapkan pendekatan pragmatis.

Ia bisa memasang formasi dasar 3-4-3. Formasi itu bisa cukup fleksibel ketika pertandingan berlangsung. Formasi itu bisa berubah cepat menjadi 5-4-1.

4 dari 5 halaman

Siapa yang Bakal Dipilih?

Jika formasi 3-4-3 akan dipilih Shin Tae-yong, tentu menarik siapa tiga pemain yang bakal mengisi posisi bek tengah.

Fachruddin Aryanto sebagai kapten tentu menjadi nama terdepan. Jordi Amat yang punya pengalaman dan tampil lumayan apik dalam laga melawan Kamboja juga bisa menjadi opsi yang masuk akal.

Satu nama lain yang akan mendampingi dua pemain itu menarik untuk diperhatikan. Rizky Ridho tampaknya bakal mengisi posisi itu.

Ridho masih berusia muda. Ia memiliki kecapatan yang sudah tidak lagi ada pada dua bek tengah lain yang lebih senior.

5 dari 5 halaman

Klasemen Sementara Piala AFF 2022

 Klasemen Grup A

Pos Tim M K S Poin dan selisih gol
1 Thailand 2 0 0 6 (9-0, 9)
2 Indonesia 6 (9-1, 8)
3 Kamboja  1 1 3 (4-4, 0)
4 Kamboja 1 2 3 (7-8, -1)
5 Brunei 0 3 0 0 (1-17, -16)

Jadwal dan Hasil Pertandingan Grup A

20 Desember 2022

  • Kamboja Vs Filipina (3 - 2)
  • Brunei Vs Thailand (0 - 5)

23 Desember 2022

  • Filipina Vs Brunei (5 - 1)
  • Indonesia Vs Kamboja (2 - 1)

26 Desember 2022

  • Brunei Vs Indonesia (7 - 0)
  • Thailand Vs Filipina (4 - 0)

29 Desember 2022

  • Kamboja Vs Brunei
  • Indonesia Vs Thailand

2 Januari 2022

  • Thailand Vs Kamboja
  • Filipina Vs Indonesia

Video Populer

Foto Populer