Sukses


Piala AFF 2022: Gol Penalti Timnas Indonesia dan Kartu Merah Sempat Bikin Thailand Lemas

Bola.com, Jakarta - Pelatih Thailand, Alexandre Polking, menyebut timnya mengalami situasi tak menentu saat bersua Timnas Indonesia pada babak kedua laga lanjutan Grup A Piala AFF 2022. Apalagi, Indonesia unggul lebih dulu lewat penalti dan Thailand mendapat kartu merah.

Bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (29/12/2022) malam WIB, Thailand menahan Timnas Indonesia dengan skor 0-0 pada babak pertama. Kemudian Tim Garuda memecah kebuntuan melalui penalti Marc Klok pada menit ke-50.

Petaka untuk Thailand bertambah setelah wasit mengusir Sanrawat Dechmitr pada menit ke-62, karena melakukan pelanggaran berbahaya kepada Saddil Ramdani. Meski kalah jumlah pemain, Tim Gajah Perang mampu mencetak gol penyeimbang melalui Sarach Yooyen pada menit ke-79.

Hingga pertandingan selesai, tak ada gol tambahan yang berhasil dicetak kedua tim. Thailand bermain imbang 1-1 kontra Timnas Indonesia.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Bikin Bergetar

Pelatih Alexandre Polking tak menampik pemain Thailand sempat lemas setelah kebobolan melalui tendangan penalti. Situasi itu bahkan semakin buruk setelah bermain dengan 10 orang akibat kartu merah.

Menurut Polking, dua situasi itu yang mengubah jalannya pertandingan. Pelatih asal Brasil tersebut yakin, bila situasi itu tak terjadi mereka mampu meraih hasil yang berbeda.

"Timnas Indonesia mencetak gol cepat setelah lima menit babak kedua. Gol itu menjadi pembeda dalam pertandingan dan gol penting," kata Alexandre Polking.

"Itu membuat kami sedikit bergetar. Kemudian kami mendapatkan kartu merah dan mengubah jalannya pertandingan. Itu seharusnya tidak terjadi karena membuat segalanya menjadi sulit," ucap Polking.

 

3 dari 4 halaman

Cukup Puas

Kendati hanya meraih satu angka, Alexandre Polking mengaku puas dengan penampilan Timnas Thailand. Menurut Polking, hasil itu sudah layak mengingat Thailand bermain dengan 10 orang dan mendapat tekanan besar dari suporter Timnas Indonesia.

"Secara keseluruhan, saya rasa penampilan bagus. Terutama dengan suasana stadion seperti itu dan segala yang terjadi pada babak kedua," tegas Polking.

Hasil ini tak mengubah posisi kedua tim pada tabel Grup A Piala AFF 2022. Thailand berada di puncak grup dengan tujuh poin, dibayangi Timnas Indonesia dengan koleksi poin sama dan hanya kalah selisih gol.

4 dari 4 halaman

Klasemen dan Hasil Grup A Piala AFF 2022:

 Klasemen Grup A

Pos Tim M K S Poin dan selisih gol
1 Thailand 2 0 1 7 (10-1, 9)
2 Indonesia 1 7 (10-2, 8)
3 Kamboja  2 1 6 (9-5, 4)
4 Filipina 1 2 3 (7-8, -1)
5 Brunei 0 4 0 0 (2-22, -20)

Jadwal dan Hasil Pertandingan Grup A

20 Desember 2022

  • Kamboja Vs Filipina (3 - 2)
  • Brunei Vs Thailand (0 - 5)

23 Desember 2022

  • Filipina Vs Brunei (5 - 1)
  • Indonesia Vs Kamboja (2 - 1)

26 Desember 2022

  • Brunei Vs Indonesia (7 - 0)
  • Thailand Vs Filipina (4 - 0)

29 Desember 2022

  • Kamboja Vs Brunei (5 - 1)
  • Indonesia Vs Thailand (1 - 1)

2 Januari 2022

  • Thailand Vs Kamboja
  • Filipina Vs Indonesia

Video Populer

Foto Populer