Sukses


Presiden Jokowi Masih Yakin Timnas Indonesia Juara Piala AFF 2022 meski Terseok-seok Hadapi 10 Pemain Thailand

Bola.com, Semarang - Presiden Jokowi masih yakin Timnas Indonesia dapat menjuarai Piala AFF 2022 meski terseok-seok ketika melawan Thailand.

Timnas Indonesia cuma bisa bermain imbang 1-1 menghadapi sepuluh pemain Thailand dalam matchday keempat Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, Kamis (29/12/2022).

Timnas Indonesia unggul lebih dulu melalui tendangan penalti Marc Klok pada menit ke-60. Pada menit ke-62, Thailand kehilangan Sanrawat Dechmitr karena dikartu merah wasit.

Gelandang senior berusia 33 tahun itu melanggar Saddil Ramdani dengan menendang kaki winger Timnas Indonesia tersebut. Tanpa ampun, Sanrawat Dechmitr diusir oleh wasit Mohammed Al Hoaish.

2 dari 5 halaman

Keyakinan Presiden

Namun, Thailand tidak melemah meski bertanding dengan sepuluh orang. Kesebelasan dengan sebutan lain Gajah Perang itu berhasil menyamakan kedudukan lewat Sarach Yooyen.

Pemain bernomor punggung enam itu melepaskan tendangan dari luar kotak penalti Timnas Indonesia yang membentu Ricky Kambuaya sebelum masuk ke gawang Nadeo Argawinata.

"Saya masih optimistis Timnas Indonesia bisa menjuarai Piala AFF 2022 karena bermain bagus banget melawan Thailand," ujar Jokowi di YouTube Sekretariat Presiden.

3 dari 5 halaman

Selalu Menonton Timnas Indonesia di SUGBK

Jokowi selalu menonton partai kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Selain menghadapi Thailand, ia juga mendukung tim berjulukan Skuad Garuda ini kala bersua Kamboja pada 23 Desember 2022.

Jokowi membuka peluang untuk kembali menyaksikan Timnas Indonesia di SUGBK jika lolos ke babak semifinal Piala AFF 2022. "Coba lihat nanti waktunya," tutur Jokowi.

Kegagalan mengalahkan Thailand membuat Timnas Indonesia tertahan di peringkat kedua dengan tujuh poin dari tiga partai. Sementara Thailand tetap berada di puncak dengan nilai yang sama, tapi unggul selisih gol.

 

4 dari 5 halaman

Masih Berpeluang Besar

Timnas Indonesia masih berpeluang besar untuk melaju ke semifinal Piala AFF 2022 asalkan bisa mengalahkan Filipina dalam matchday terakhir Grup A.

"Doakan kami bisa kembali menang saat melawan Filipina," ujar Ketua PSSI, Mochamad Iriawan dinukil dari laman PSSI.

Dalam pertandingan keempatnya pada Grup A Piala AFF 2022, Timnas Indonesia akan menantang Filipina di Rizal Memorial Stadium, Manila pada 2 Januari 2023.

 

5 dari 5 halaman

Awas Bisa Tersingkir

Pada hari dan yang sama, Thailand bakal berhadapan dengan Kamboja di Thammasat Stadium, Pathum Thani.

Jika Timnas Indonesia bermain seri atau kalah dari Filipina sementara Kamboja menang atas Thailand, maka Skuad Garuda akan tersingkir dari Grup A Piala AFF 2022.

Video Populer

Foto Populer