Sukses


Timnas Indonesia Jadi Tim Terbanyak Lakukan Pelanggaran di Piala AFF 2022: Menarik, Penyumbang Tertinggi Justry Egy Maulana Vikri

Bola.com, Jakarta - Duel melawan Thailand pada lanjutan Grup A Piala AFF 2022 yang berlangsung dengan cukup keras wajib menjadi evaluasi khusus bagi pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Pasalnya, Timnas Indonesia mencatatkan jumlah pelanggaran yang sangat tinggi pada pertandingan ini. Angkanya cukup fantastis jika dibandingkan dengan Thailand.

Sepanjang pertandingan berlangsung, skuad Merah Putih sudah mencatatkan total 27 kali pelanggaran. Jumlahnya nyaris dua kali lipat dari Thailand yang hanya melakukannya sebanyak 14 kali.

Beruntungnya, tingginya jumlah pelanggaran ini tak berbanding lurus dengan kartu yang diberikan oleh wasit. Sebab, Indonesia hanya mengantongi satu kartu kuning saja, yakni untuk Jordi Amat.

 

2 dari 4 halaman

Catatkan Pelanggaran Tertinggi

Dengan catatan 27 kali pelanggaran itu, skuad Merah Putih kini melejit ke urutan teratas dalam daftar tim yang paling banyak melakukannya di Piala AFF 2022.

Pasalnya, secara keseluruhan, Timnas Indonesia sudah melakukannya 47 kali. Jumlah ini merupakan akumulasi dari dua laga sebelumnya di Grup A.

Pada laga pertama melawan Kamboja, misalnya, anak asuh Shin Tae-yong melakukannya sebanyak 11 kali. Jumlah ini bertambah sembilan angka yang bersumber pada laga kedua kontra Brunei Darussalam.

Ini menjadi catatan pelanggaran tertinggi dibandingkan seluruh kontestan Piala AFF 2022. Di urutan kedua, ada Malaysia dengan catatan 45 kali pelanggaran, diikuti Brunei Darussalam dengan 42 kali.

 

3 dari 4 halaman

Daftar Penyumbang Pelanggaran

Dari seluruh nama pemain yang dibawa oleh Shin Tae-yong ke Piala AFF 2022, muncul empat nama pemain yang tercatat sebagai pelaku pelanggaran tertinggi.

Menurut laman resmi Piala AFF 2022, daftar teratas diduduki Egy Maulana Vikri. Pemain yang sudah tampil tiga kali di Grup A Piala AFF 2022 ini melakukannya sebanyak delapan kali.

Selanjutnya, ada Asnawi Mangkualam yang sudah mencatatkan lima kali, dan diikuti Yakob Sayuri serta Jordi Amat yang sama-sama melakukannya sebanyak empat kali.

Khusus untuk Jordi Amat, bek kelahiran Spanyol ini harus lebih berhati-hati. Pasalnya, dia sudah mengoleksi dua kartu kuning dan menjadi peraih terbanyak di Piala AFF 2022.

Selain Jordi Amat, dua pemain Timnas Indonesia lainnya yang juga sudah mengantongi satu kartu kuning ialah Asnawi Mangkualam dan Rizky Ridho.

 

4 dari 4 halaman

Evaluasi untuk Laga Pamungkas

Catatan pelanggaran ini tentunya harus menjadi evaluasi tersendiri bagi Shin Tae-yong. Sebab, Indonesia akan menjalani laga krusial melawan Filipina.

Duel yang bakal menjadi pertandingan penentuan nasib Timnas Indonesia ini akan berlangsung di Stadion Rizal Memorial, Manila, Senin (2/1/2023).

Jika mampu meraih tiga poin, skuad Merah Putih sudah bisa menyegel satu tempat di fase semifinal tanpa harus bergantung pada pertandingan lainnya di Grup A.

Video Populer

Foto Populer