Sukses


4 Tim Sudah Resmi Angkat Koper dari Piala AFF 2022: Ada Korban Keganasan Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Sejauh ini, sudah ada empat peserta yang dipastikan tersingkir dari persaingan Piala AFF 2022. Mereka sudah gagal melesat ke posisi dua teratas klasemen masing-masing grup untuk memperebutkan tiket ke semifinal.

Dari empat kontestan tersebut, dua di antaranya berasal dari Grup A, dan dua lainnya berasal dari Grup B. Semua tim ini memang selalu jadi bulan-bulanan peserta lainnya.

Menariknya, satu kontestan yang resmi angkat koper dari persaingan Piala AFF 2022 ini merupakan korban keganasan Timnas Indonesia.

Sebab, setelah mereka kalah telak dari Timnas Indonesia, mereka langsung dipastikan gagal melaju ke fase berikutnya karena tak bisa mengatrol peringkatnya ke posisi dua teratas.

Lalu, siapa saja empat kontestan yang langkahnya sudah terhenti di fase penyisihan grup Piala AFF 2022? Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

 

 
2 dari 5 halaman

Brunei Darussalam

Timnas Brunei Darussalam menjadi kontestan paling pertama yang sudah dipastikan gagal untuk merebut tiket ke fase semifinal Piala AFF 2022.

Kepastian itu didapat setelah Brunei Darussalam digasak Timnas Indonesia tujuh gol tanpa balas di Stadion Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (26/12/2022).

Dengan hasil tersebut, The Wasps tercatat mengalami tiga kekalahan beruntun. Sebelumnya, mereka sempat digulung Thailand (0-5) dan Filipina (1-5).

Nasib Brunei makin bertambah nelangsa karena mereka harus menutup perjuangannya di Grup A Piala AFF 2022 dengan kekalahan 1-5 dari Kamboja.

Empat kekalahan beruntun ini membenamkan anak asuh Mario Rivera ke dasar klasemen Grup A. Mereka sama sekali tak meraih poin, hanya mencetak dua gol, dan kebobolan sebanyak 22 kali.

 

3 dari 5 halaman

Filipina

Kontestan selanjutnya dari Grup A yang dipaksa mengubur ambisinya untuk bersaing di fase empat besar Piala AFF 2022 ialah Timnas Filipina.

Kegagalan ini dipastikan setelah The Azkals mengalami kekalahan telak dengan skor 0-4 dari Thailand di Stadion Thammasat, Senin (26/12/2022).

Akibat hasil buruk tersebut, Filipina kini terdampar di urutan keempat klasemen Grup A dengan mengumpulkan tiga poin dari tiga pertandingan.

Pertandingan pamungkas melawan Timnas Indonesia di Stadion Rizal Memorial, Senin (2/1/2023), sudah dipastikan tak akan mengubah nasib The Azkals. 

Kalaupun berhasil menang, mereka tetap tak bisa merangkak ke posisi dua teratas di klasemen akhir Grup A Piala AFF 2022.

4 dari 5 halaman

Laos

Tiga kekalahan beruntun yang menimpa Timnas Laos selama mengarungi persaingan Grup B Piala AFF 2022 membuat mereka tersingkir lebih cepat.

Laos menjadi bulan-bulanan tim lawan karena selalu digulung dengan skor yang cukup telak. Tercatat, mereka tumbang dari Vietnam (0-6), Malaysia (0-5), dan Singapura (0-2).

Pada pertandingan terakhirnya di Grup B kontra Myanmar, Laos harus puas bermain imbang dengan skor akhir 2-2. Padahal, awalnya mereka sempat dua kali unggul, tapi buyar lewat gol menit akhir Maung Maung Lwin (90+6’).

Raihan satu poin ini setidaknya bisa menjadi hiburan bagi skuad asuhan Michael Weiss yang sudah tertatih-tatih menghadapi ketatnya persaingan Grup B Piala AFF 2022.

 

5 dari 5 halaman

Myanmar

Myanmar menjadi kontestan keempat yang sudah dipastikan gagal bersaing di Piala AFF 2022. Sebab, mereka sempat meraih tiga kekalahan beruntun pada awal turnamen.

Pada pertandingan pertama, Myanmar kalah tipis dengan skor 0-1 dari Malaysia. Adapun pada laga kedua, mereka juga ditekuk Singapura dengan skor 2-3.

Yang terbaru, Myanmar harus bermain imbang 1-1 dengan Laos saat bermain di hadapan pendukungnya sendiri yang memadati Stadion Thuwunna, Jumat (30/12/2022).

Dengan hasil ini, Myanmar masih tertahan di peringkat keempat klasemen Grup B. Mereka masih menyisakan satu ujian berat lagi, yakni menghadapi Vietnam pada laga pamungkas.

Video Populer

Foto Populer