Sukses


5 Pemain Timnas Indonesia yang Paling Dipercaya Shin Tae-yong di Piala AFF 2022: Fase Grup Langganan, Semifinal?

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, ternyata memiliki sederet pemain kesayangan selama mengarungi fase penyisihan Grup A Piala AFF 2022.

Para pemain kesayangan Shin Tae-yong ini selalu mendapatkan kesempatan bermain yang jauh lebih melimpah ketimbang penggawa Timnas Indonesia lainnya di Grup A Piala AFF 2022.

Setidaknya, terdapat lima nama pemain yang mencatatkan menit bermain paling banyak selama fase ini. Jika dilihat kontribusinya, maka memang tak aneh jika Shin Tae-yong selalu mengandalkan pemain tersebut.

Sebab, para pemain Timnas Indonesia ini sukses menjawab kepercayaan yang diberikan oleh Shin Tae-yong. Mereka berhasil mempersembahkan kontribusi yang impresif ketika bermain di lapangan.

2 dari 6 halaman

Dendy Sulistyawan (253 menit)

Dendy Sulistyawan menjadi satu-satunya penyerang di skuad Timnas Indonesia yang selalu mendapat kesempatan tampil pada empat laga Grup A Piala AFF 2022.

Tercatat, dari empat penampilannya itu, tiga di antaranya bermain sejak menit awal alias sebagai starter. Sejauh ini, Dendy sudah mengepak 253 menit bermain.

Ini menjadi jumlah terbanyak kelima di skuad Garuda. Selain itu, striker asal Bhayangkara FC ini juga sudah menyumbangkan dua gol untuk Timnas Indonesia.

Meskipun demikian, pemain berusia 26 tahun ini masih harus memperbaiki penyelesaian akhirnya. Sejauh ini, Dendy sudah tiga kali mencatatkan shots on target dan akurasi tembakannya hanya menyentuh 37,5%.

 

3 dari 6 halaman

Fachruddin Aryanto (270 menit)

Satu-satunya bek tengah yang paling diandalkan Shin Tae-yong ialah Fachruddin Aryanto. Pemain asal Madura United ini juga punya tanggung jawab lain sebagai kapten Timnas Indonesia.

Fachruddin menjadi satu-satunya bek tengah yang bisa mencatat tiga kali penampilan di Grup A Piala AFF 2022. Selain itu, ia juga tak pernah tergantikan karena selalu tampil penuh.

Dengan demikian, bek asal Klaten itu sudah mengumpulkan 270 menit bermain. Kontribusinya juga terbilang impresif. Sebab, ia sudah melakukan tiga intersep, satu blok, dan sembilan clearances alias sapuan. 

Untuk urusan tekel, Fachruddin juga telah melakukannya sebanyak dua kali. Tingkat keberhasilannya pun mencapai 100%.

4 dari 6 halaman

Marc Klok (280 menit)

Selanjutnya, posisi ketiga dalam daftar pemain yang mengumpulkan menit bermain terbanyak di fase penyisihan Grup A Piala AFF 2022 ialah Marc Klok.

Sampai saat ini, Marc Klok sudah empat kali tampil bersama skuad Garuda. Tiga penampilan di antaranya sebagai starter.

Pemain asal Persib Bandung itu juga telah membukukan 280 menit bermain sepanjang fase penyisihan grup ini.

Kontribusinya juga terhitung apik. Sebab, pemain kelahiran Belanda itu sejauh ini sudah menyumbangkan dua gol untuk skuad asuhan Shin Tae-yong.

 

5 dari 6 halaman

Nadeo Argawinata (294 menit)

Nadeo Argawinata sebetulnya nyaris saja mencatatkan empat kali bermain penuh pada pertandingan terakhir Grup A Piala AFF 2022.

Sayangnya, Nadeo harus mengakhiri penampilannya lebih cepat karena mengalami cedera seusai berbenturan dengan kapten Filipina, Stephan Schrock.

Kiper asal Bali United ini akhirnya harus diganti pada menit ke-24 dan melimpahkan bebannya kepada Syahrul Trisna Fadillah.

Akibatnya, Nadeo hanya bisa mencatatkan 294 menit bermain dari total empat laga tersebut. Sejauh ini, sudah ada dua gol yang bersarang di gawang kiper berusia 25 tahun tersebut.

6 dari 6 halaman

Asnawi Mangkualam (303 menit)

Dari seluruh nama pemain yang ada, Asnawi Mangkualam tercatat sebagai sosok yang paling sering mendapat kesempatan bermain dari Shin Tae-yong di Grup A Piala AFF 2022.

Pasalnya, dari total empat pertandingan di fase grup, Asnawi selalu mencatatkan penampilan. Semuanya juga dimulai sejak menit awal alias selalu tampil sebagai starter.

Dari total empat pertandingan itu, pemain berusia 23 tahun ini sudah membukukan total 303 menit. Tercatat, ia sudah dua kali tampil penuh selama 2x45 menit, yakni saat laga kontra Thailand dan Filipina.

Berbicara soal kontribusi, sejauh ini Asnawi sudah mencatatkan satu assist. Dia juga membukukan empat kali key passes sepanjang fase penyisihan grup.     

Video Populer

Foto Populer