Sukses


Semifinal Piala AFF 2022 Timnas Indonesia Vs Vietnam: Nadeo Fit, Tetap Jadi Andalan?

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia memiliki tiga penjaga gawang di ajang Piala AFF 2022. Ketiganya adalah Nadeo Argawinata, Syahrul Trisna Fadillah dan Muhammad Riyandi.

Posisi kiper utama dipegang oleh Nadeo Argawinata. Pemain berusia 25 tahun itu selalu mendapat kepercayaan penuh dari pelatih Shin Tae-yong.

Nadeo Argawinata menjadi starter dalam empat pertandingan Garuda pada penyisihan Grup A Piala AFF 2022. Kecuali, di matchday terakhir fase grup melawan Filipina, dia tidak bermain penuh dan terpaksa diganti karena mengalami cedera.

Sepanjanh turnamen, kiper Bali United itu sejauh ini melakukan tugasnya dengan baik. Di bawah komando Nadeo, Timnas Indonesia mencatatkan sekali clean sheets dan dua kebobolan.

Kendati demikian, Shin Tae-yong sejatinya masih punya dua kiper lainnya yang tak kalah bagus. Tak ada salahnya untuk memberi kesempatan Syahrul dan Riyandi jadi starter.

Terlebih, saat menghadapi Vietnam pada semifinal leg pertama Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Jumat (6/1/2023) sore, kabarnya Nadeo Argawinata diragukan tampil.

Laga ini bisa dimaksimalkan Shin Tae-yong untuk melakukan rotasi kiper.

2 dari 6 halaman

Berharap Nadeo Argawinata Bisa Tampil

3 dari 6 halaman

Berharap Nadeo Bisa Tampil

Tetapi, terkait siapa yang sebaiknya jadi starter dalam semifinal nanti, pelatih PSIM Yogyakarta Erwan Hendarwanto punya pandangan tersendiri.

Pelatih asal Magelang, Jawa Tengah itu berharap Nadeo Argawinata bisa bermain di laga krusial nanti. Alasannya jelas karena secara pengalaman dan jam terbang internasional, kata Erwan, Nadeo lebih unggul ketimbang dua penjaga gawang lainnya.

"Tentu saja berharap Nadeo Argawinata bisa tampil di semifinal, karena secara pengalaman dan jam internasionalnya lebih baik dan dia juga selalu jadi starter di fase grup," ujar Erwan kepada Bola.com Kamis (5/1/2023) pagi.

4 dari 6 halaman

Syahrul Layak Diberi Kesempatan

Seandainya Nadeo Argawinata harus menepi di duel melawan Vietnam, Erwan Hendarwanto menilai Syahrul Trisna layak untuk kembali dicoba. Menurutnya, Syahrul selalu tampil bagus ketika diberi kesempatan bermain.

Termasuk kala menggantikan Nadeo pada laga pamungkas penyisihan Grup A melawan Filipina. Pada laga itu kiper berusia 27 tahun itu melakukan dua kali save atau penyelamatan dan membantu Tim Merah-Putih membekuk The Azkals dengan skor 2-1.

"Tapi andai kata akhirnya Nadeo harus menepi karena cedera, kita berharap Syahrul bisa membuktikan bahwa memang dia layak berada di Timnas," kata eks pelatih Persekat Tegal itu.

"Keduanya adalah kiper yang terbaik yang dimiliki Timnas Indonesia saat ini. Nadeo dan Syahrul sama-sama menunjukkan penampilan yang terbaik selama membela klub maupun di Timnas. Jadi siapapun yang siap, layak untuk menjadi starter," sambungnya.

 

5 dari 6 halaman

Fokus Benahi Kekurangan

Yang pasti, pada semifinal nanti Erwan Hendarwanto mendoakan yang terbaik untuk Timnas Indonesia. Dia juga ingin segala kekurangan di partai sebelumnya bisa segera dibenahi. Terlebih, lawan yang dihadapi kali ini terbilang tangguh dan unggul dari Indonesia.

"Di semifinal Timnas kita harus siap menghadapi siapapun karena semua negara yang lolos adalah yang terbaik. Vietnam adalah negara yang selalu menjadi kompetitor kita di Piala AFF," ucap dia.

"Timnas kita fokus saja membenahi segala kekurangan agar tampil jauh lebih baik ke depan. Saya mendoakan semoga Timnas bisa menjuarai Piala AFF kali ini," pungkas Erwan Hendarwanto.

6 dari 6 halaman

Jadwal Semifinal

Leg I

Jumat, 6 januari 2023

  • Indonesia Vs Vietnam
  • Stadion Gelora Bung Karno
  • 16.30 WIB
  • Live: RCTI

Sabtu, 7 Januari 2023

  • Malaysia Vs Thailand
  • Stadion Bukit Jalil
  • 19.30 WIB
  • Live: INews

Video Populer

Foto Populer