Sukses


Kekuatan dan Kelemahan Timnas Indonesia Vs Vietnam di Semifinal Piala AFF 2022: Finishing Masih PR Banget

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia menjamu Timnas Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada leg pertama semifinal Piala AFF 2022, Jumat (6/1/2023). Duel kedua tim akan berlangsung pukul 16.30 WIB.

Bermain di kandang dengan dukungan ribuan suporter diharapkan jadi suntikan semangat tersendiri bagi para pemain di lapangan. Kemenangan menjadi modal bagus Timnas Indonesia saat bertandang ke Hanoi pada leg kedua semifinal AFF 2022, 9 Januari 2023.

Meski begitu, laga nanti tidak akan berjalan mudah bagi Timnas Indonesia. Vietnam adalah lawan yang berat. Garuda bahkan tercatat selalu gagal menang dalam empat pertemuan terakhir kala berjumpa tim besutan Park Hang-seo itu.

Opini tersebut dilontarkan kapten PSIM Yogyakarta, Aditya Putra Dewa. Pemain asal Makassar itu menyebut duel versus Vietnam nanti bak laga final bagi Timnas Indonesia.

"Bisa dibilang seperti final jilid pertama ya kalau ketemu Vietnam. Sebetulnya tidak hanya sulit untuk Indonesia saja pertandingan nanti, tetapi Vietnam pun saya rasa sama. Apalagi mereka akan bermain di markas lawan," ujar Aditya Putra Dewa kepada Bola.com, Jumat (6/1/2023) pagi.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Kelemahan Timnas Indonesia

Timnas Indonesia punya masalah pelik sebelum menghadapi Vietnam pada semifinal Piala AFF 2022. Salah satu problem krusial itu yakni buruknya finishing atau penyelesaian akhir. Skuad Garuda sering buang-buang peluang sepanjang babak penyisihan Grup A.

Menurut Aditya Putra Dewa, kelemahan Timnas Indonesia bukan hanya ada di finishing saja. Dewa menilai masih terdapat sejumlah kekurangan yang wajib dibenahi skuad Garuda. Apa itu?

"Saya melihat dari sisi transisi Timnas Indonesia masih agak lemah, serta mengantisipasi counter attack cepat. Kita juga harus bisa memaksimalkan setiap peluang yang didapat," kata eks pemain PSS Sleman itu.

Apa yang dikatakan Dewa memang benar adanya. Sebelumnya soal transisi permainan sempat disinggung pelatih kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Pelatih asal Korea Selatan itu menilai transisi permainan timnya sangat lemah.

 

3 dari 4 halaman

Kekuatan Skuad Garuda

Kendati demikian, Timnas Indonesia bukannya tak memiliki kelebihan. Aditya Putra Dewa menyebut Timnas Indonesia diperkuat sederet pemain dengan kualitas mumpuni. Garuda memiliki kecepatan rata-rata di atas para penggawa Vietnam.

"Ini akan lebih sempurna lagi jika dibarengi dengan finishing yang baik dari para pemain saat melawan Vietnam," katanya.

"Selain itu menurut saya kekuatan Indonesia ada di sisi flank, semua pemain sayap Indonesia mulai dari fullback maupun winger harus bisa memanfaatkan karena itulah kekuatan kita."

Witan, Egy, Saddil, Asnawi, Edo serta Yakob Sayuri adalah pemain-pemain yang saya rasa akan membuat perbedaan di pertandingan nanti," tambah Aditya Putra Dewa.

 

4 dari 4 halaman

Jadwal Timnas Indonesia Vs Vietnam di Semifinal Piala AFF 2022

Leg Pertama

  • Jumat, 6 Januari 2022
  • Timnas Indonesia Vs Vietnam
  • Kick-off: 16.30 WIB
  • Venue: Stadion Utama Gelora Bung Karno

Leg Kedua

  • Senin, 9 Januari 2022
  • Vietnam Vs Timnas Indonesia
  • Kick-off: 19.30 WIB
  • Venue: My Dinh National Stadium
Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer