Sukses


Kadang Sewot Kadang Enggak, Park Hang-seo Bangga dengan Prestasi 3 Pelatih Korsel di Piala AFF 2022

Bola.com, Hanoi - Ada tiga pelatih asal Korea Selatan yang saat ini berkarier di Asia Tenggara. Mereka adalah Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

Kemudian ada Park Hang-seo yang menjadi pelatih Timnas Vietnam. Ada pula Kim Pan-gon di Timnas Malaysia.

Menariknya, tiga pelatih di atas mampu mengantarkan tim asuhan masing-masing berlaga di semifinal Piala AFF 2022. Secara umum prestasi Timnas Indonesia, Timnas Malaysia, dan Timnas Vietnam juga meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Hal itu membuat Park Hang-seo bangga. Para pelatih dari Korea Selatan mampu memberikan dampak positif untuk sepak bola Asia Tenggara.

"Shin Tae Yong adalah pelatih yang baik. Dia membantu Timnas Indonesia bersaing lebih baik dalam beberapa tahun terakhir," ujar Park Hang-seo.

"Kemarin, Kim Pan-gon juga membawa Timnas Mlaaysia meraih kemenangan atas Timnas Thailand. Saya merasa bangga dengan apa yang dilakukan pelatih Korea Selatan di Asia Tenggara," sambungnya.

2 dari 4 halaman

Pekerjaan Hebat dalam Lima Tahun

Park Hang-seo menukangi Timnas Vietnam sejak 2017. Piala AFF 2022 akan menjadi turnamen terakhirnya bersama The Golden Stars.

Park pun menilai kembali pekerjaannya selama lima tahun di Vietnam. Ia menyebut telah menciptakan tim yang tangguh.

"Dalam lima tahun terakhir saya menjadi pelatih Timnas Vietnam, berkat duukungan dari VFF kami memiliki tim yang bagus," jelas Park.

"Saya punya moto, saya harus berusaha keras membantu para pemain Vietnam berkembang, baik di U-23 maupun senior. Saya juga berpikir mengenai para penggemar," tandasnya.

3 dari 4 halaman

Mengincar Gelar kedua di Piala AFF

Selama menukangi Timnas Vietnam, Park Hang-seo sudah berlaga di tiga Piala AFF. Yakni Piala AFF 2018, 2020, dan 2022.

Satu gelar juara berhasil ia persembahkan untuk Timnas Vietnam. The Golden Stars menjadi juara pada edisi Piala AFF 2018.

Itu adalah gelar kedua di sepanjang sejarah keikutsertaan Vietnam di Piala AFF. Gelar perdana mereka hadir pada Piala AFF 2008.

Park Hang-seo sangat termotivasi memberikan gelar keduanya di Piala AFF untuk Timnas Vietnam, yang akan menjadi gelar ketiga negara tersebut.

4 dari 4 halaman

Hasil dan Jadwal Semifinal Piala AFF 2022

Leg prtama

Jumat, 6 Januari 2023

Timnas Indonesia vs Vietnam 0-0Sabtu, 7 Januari 2023

Malaysia vs Thailand 1-0Leg II

Leg kedua

Senin, 9 Januari 2023

Pukul 19.30 WIB: Vietnam vs Timnas Indonesia (Stadion My Dinh, Hanoi)Selasa, 10 Januari 2023

Pukul 19.30 WIB: Thailand vs Malaysia (Stadion Thammasat, Pathum Thani)

Video Populer

Foto Populer