Sukses


Park Hang-seo Setuju Perlu Ada VAR di Piala AFF 2022, Biar Pertandingan Berjalan Lebih Baik

Bola.com, Jakarta - Banyak kejadian kontroversial yang terjadi di Piala AFF 2022. Hampir semua kejadian itu berkaitan dengan keputusan dari wasit.

Misalnya yang terjadi pada laga Grup B Piala AFF 2022. Saat itu ada beberapa pelanggaran dari Doan Van Hau yang tak tertangkap oleh wasit.

Pemain Vietnam itu pun kembali berbuat ulah saat Timnas Vietnam bertandang ke markas Timnas Indonesia, Jumat (6/1/2023). Ia melakukan tekel brutal kepada Dendy Sulistyawan.

Menariknya, wasit bahkan sama sekali tidak memberikan kartu kepada pemain bernomor punggung lima tersebut.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Terus Berlanjut

Kejadian kontroversial terus berlanjut. Terbaru kejadian tersebut terjadi dalam laga leg pertama semifinal antara Timnas Malaysia kontra Timnas Thailand.

Timnas Malaysia sempat mencetak gol kedua pada laga itu. Namun, gol yang berasal dari tandukan Dominic Tan itu dianulir wasit asal Korea Selatan, Kim Dae-yong.

Wasit menilai ada pelanggaran yang dilakukan pemain Malaysia sebelum gol terjadi. Meski dari tayangan ulang pelanggaran yang dimaksud tampak tidak terlihat.

3 dari 4 halaman

Lebih Baik

Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo pun menyatakan Piala AFF 2022 membutuhkan bantuan teknologi Video Assistant Referee (VAR). Ia merasa Piala AFF 2022 akan memiliki kualitas yang lebih baik jika ada VAR.

"Jika VAR diterapkan, kualitas turnamen akan lebih baik," katanya.

Pelatih asal Korea Selatan itu juga menyadari terkadang wasit melakukan kesalahan. Maka dari itu VAR dibutuhkan untuk membantu pekerjaan wasit.

"Wasit juga manusia, pasti akan melakukan kesalahan. Jika ada VAR, kesalahan wasit akan berkurang. VAR sudah menjadi tren umum dunia," tandasnya.

 

4 dari 4 halaman

Jadwal Semifinal Piala AFF 2022

Leg II Semifinal Piala AFF 2022

  • Vietnam Vs Timnas Indonesia
  • Senin, 9 Januari 2023
  • Kick-off: 19.30 WIB
  • Venue: Stadion My Dinh, Hanoi
Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer