VIDEO: Timnas Indonesia Kubur Mimpi Juara Piala AFF 2022 Setelah Kalah Lawan Vietnam di Semifinal Leg Kedua

VIDEO: Timnas Indonesia Kubur Mimpi Juara Piala AFF 2022 Setelah Kalah Lawan Vietnam di Semifinal Leg Kedua

Timnas Indonesia gagal melaju ke final Piala AFF 2022. Pada laga semifinal leg kedua yang berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Senin (9/1/2023) malam WIB, Garuda keok 0-2 dari Timnas Vietnam.

Babak pertama baru berjalan tiga menit, Timnas Indonesia sudah harus kebobolan. Serangan balik Timnas Vietnam berhasil diselesaikan oleh Nguyen Tien Linh.

Usaha demi usaha kerap diterapkan TImnas Indonesia. Pada menit ke-20, lemparan ke dalam Pratama Arhan sempat membuat heboh lini belakang Timnas Vietnam. Namun, Jordi Amat justru didakwa melakukan hand ball pada situasi itu.

Tensi memanas setelah ada sikutan dari pemain Vietnam, Que Ngoc Hai kepada Dendy Sulistyawan. Namun, wasit tidak menganggap itu sebagai pelanggaran.

Keributan kembali terjadi pada menit ke-34. Kali ini penyebabnya benturan keras antara Asnawi Mangkualam dengan Doan Van Hau.

Hingga babak pertama berakhir, tidak ada lagi gol yang tercipta. Timnas Indonesia memiliki tugas berat untuk menyamakan kedudukan pada babak kedua.

Memasuki babak kedua, Timnas Indonesia sebenarnya sedikit mendominasi di menit awal. Namun, Vietnam bukanlah lawan yang mudah.

Kesalahan yang terjadi pada awal babak pertama kembali terulang pada awal babak kedua. Memasuki menit ke-48, Timnas Vietnam mencetak gol keduanya.

Menit ke-78, Tim Garuda menerapkan skema menyerang total. Hal itu ditandai dengan masuknya Ilija Spasojevic dan Muhammad Rafli.

Muhammad Rafli mendapatkan umpan manis dari Pratama Arhan pada menit ke-83. Sayangnya. tandukan pemain Arema itu sangat pelan dan melebar dari gawang Dang Van Lam.

Hingga babak kedua berakhir, tidak ada gol yang tercipta kembali. Vietnam berhasil melaju ke final Piala AFF 2022, sedangkan Timnas Indonesia harus tersingkir di semifinal.

Ringkasan

Oleh Pradipta Rama Baskara pada 09 January 2023, 22:29 WIB

Video Terkait

Spotlights