Sukses


Hasil Piala AFF 2022: Sikat Habis Malaysia, Thailand Tantang Vietnam di Final

Bola.com, Pathum Thani - Thailand berhasil mengalahkan Malaysia dengan skor 3-0 atas Malaysia pada leg 2 semifinal Piala AFF 2022, Selasa (10/1/2023) malam WIB. Kemenangan ini membuat Thailand berhak lolos ke final dengan kemenangan agregat 3-1 atas Malaysia.

Kemenangan tersebut sangat layak diraih Thailand yang tampil dominan atas Malaysia sepanjang laga leg 2 semifinal Piala AFF 2022. Skuad berjulukan Gajah Perang itu memiliki penguasaan bola mencapai 63 persen.

Thailand juga tampil agresif dengan melepaskan 15 tembakan yang tujuh di antaranya akurat. Adapun Malaysia yang punya 37 persen penguasaan bola melepaskan tiga peluang yang dua di antaranya tepat sasaran.

Pada laga final Piala AFF 2022, Thailand akan menghadapi Vietnam. Leg 1 final akan digelar di My Dinh Stadium pada 13 Januari 2022, sedangkan leg 2 akan berlangsung pada 16 Januari 2022 di Thammasat Stadium.

2 dari 5 halaman

Unggul Duluan

Bermain di Thammasat Stadium, Thailand tampil agresif sejak awal babak pertama leg 2 semifinal Piala AFF 2022. Namun, ketatnya pertahanan Malaysia menbuat pasukan Alexandre Polking kesulitan menembusnya.

Peluang perdana Thailand kemudian hadir melalui tendangan keras Peeradon Chamratsamee pada menit kesembilan. Sayangnya, bola masih mengangkasa dari gawang Malaysia.

Memasuki menit ke-14, giliran Theerathon Bunmathan yang mengancam gawang Malaysia melalui tendangan bebas. Beruntung, kiper Syihan Hazmi sigap melakukan penyelamatan.

Thailand akhirnya memecah kebuntuan melalui aksi Teerasil Dangda pada menit ke-19. Memaksimalkan umpan Theerathon, Teerasil menanduk bola yang merobek gawang Malaysia.

Memasuki menit ke-36, Malaysia berhasil mendapatkan peluang perdana melalui sundulan Darren Lok. Namun, bola hasil sundulannya itu masih bisa diantisipasi kiper Thailand kawalan Kampol Pathomakkakul. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

3 dari 5 halaman

Tambah Gol

Memasuki paruh kedua laga, Thailand semakin agresif dalam melancarkan serangan. Pada menit ke-55, publik tuan rumah kembali bergemuruh menyambut gol Bordin Phala yang memaksimalkan umpan Ekanit Panya.

Memasuki menit ke-71, Thailand kembali mencetak gol melalui aksi Adisak Kraisorn. Gol itu semakin membuat Malaysia dalam tekanan.

Malaysia hanya mengandalkan serangan balik yang mental karena kukuhnya tembok pertahanan Thailand. Hingga peluit panjang, tak ada gol lagi yang terjadi pada laga tersebut.

4 dari 5 halaman

Susunan Pemain

Thailand (4-5-1): Kampol Pathomakkakul (kiper), Sasalak Haiprakhon, Kritsada Kaman, Pansa Hemviboon, Suphanan Bureerat (belakang), Theerathon Bunmathan, Sarach Yooyen, Peeradon Chamratsamee, Ekanit Panya, Bordin Phala (tengah), Teerasil Dangda (depan)

Pelatih: Alexandre Polking (Brasil)

Malaysia (4-2-3-1): Syihan Hazmi (kiper), Fazly Mazlan, Dominic Tan, Sharul Nazeem, Azam Azmi (belakang), Stuart Wilkin, Brendan Gan, Mohd Norhakim, Faisal Halim, Mukhairi Ajmal (tengah), Darren Lok (depan)

Pelatih: Kim Pan-gon (Korea Selatan)

5 dari 5 halaman

Hasil Lengkap Semifinal Piala AFF 2022

Leg I

Jumat, 6 Januari 2023

  • Timnas Indonesia vs Vietnam 0-0

Sabtu, 7 Januari 2023

  • Malaysia 1-0 Thailand

Leg II

Senin, 9 Januari 2023

  • Vietnam 2-0 Timnas Indonesia

Selasa, 10 Januari 2023

  • Thailand 3-0 Malaysia

Video Populer

Foto Populer