Sukses


Arema FC Dapat Berkah Tersingkirnya Timnas Indonesia dari Piala AFF 2022

Bola.com, Malang - Timnas Indonesia gagal lolos ke final Piala AFF 2022. Tim asuhan Shin Tae-yong tersebut kandas pada semifinal, setelah kalah agregat 0-2 dari Vietnam.

Pada pertemuan pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 6 Januari 2023, Timnas Indonesia bermain imbang 0-0 kontra Vietnam. Adapun pada leg kedua semifinal di My Dinh National Stadium, 9 Januari lalu, Tim Garuda takluk 0-2.

Kandasnya Timnas Indonesia membawa berkah bagi klub-klub BRI Liga 1. Pemain yang membela timnas bisa kembali ke klub lebih cepat, termasuk penyerang Arema FC, M. Rafli.

Pemain berusia 24 tahun itu kemungkinan sudah tiba di Malang dan berencana gabung latihan pada Jumat (13/1/2023). Sehingga Rafli bisa disiapkan untuk laga melawan Borneo FC pada Minggu (15/1/2023).

"Rafli mungkin besok sudah bergabung. Dia sering komunikasi dengan saya. Tentu dia juga siap untuk pertandingan lawan Borneo FC," kata pelatih Arema FC, Javier Roca.

 

2 dari 5 halaman

Keuntungan Bagi Arema FC

Tentu ini jadi keuntungan bagi tim yang dijuluki Singo Edan tersebut. Arema FC punya alternatif lain di lini depan. Mengingat Arema baru kehilangan dua pemain dengan karakter menyerang, yakni Irsyad Maulana dan Hanis Sagara.

"Kami akan lebih lengkap dengan kembalinya Rafli," sambungnya.

Di Arema, Rafli masih sering jadi pengganti, begitu juga di Timnas Indonesia. Hanya saja performa Muhammad Rafli kini belum tajam.

 

3 dari 5 halaman

Mengembalikan Performa Terbaik Rafli

Pada Liga 1 dan Piala AFF, jebolan ASIFA Malang itu belum mencetak gol. Justru netizen menilai musim ini Rafli belum menemukan bentuk permainan terbaiknya.

Namun, Rocha justru tertantang bisa mengembalikan performa terbaik M. Rafli. Bukan hanya Rafli, tetapi juga pemain lainnya. "Saya juga fokus mengembalikan pemain ke performa terbaiknya," jelasnya.

Umumnya, pemain yang sudah membela Timnas merupakan pilihan utama di klubnya. Tetapi tidak demikian dengan Rafli. Dari 7 pertandingan yang dijalani dengan Timnas Indonesa, dia tampil sebagai starter dalam satu pertandingan, sisanya sebagai pengganti.

 

4 dari 5 halaman

Jadi Gelandang

Namun, tak menutup kemungkinan putaran kedua Rafli lebih banyak jadi pilihan utama. Roca ingin memberikan menit bermain yang lebih merata kepada pemainnya.

Selain itu, striker asing Abel Camara juga sering dirundung cedera. Jadi, kesempatan jadi striker utama lebih terbuka. Opsi lainnya Rafli bisa dijadikan gelandang serang, sama seperti musim-musim sebelumnya.

5 dari 5 halaman

Simak Posisi Arema FC di Bawah Ini:

Video Populer

Foto Populer