Sukses


Liga 3 Nasional Dihentikan PSSI, Serpong City FC: Menghancurkan Mimpi Pemain!

Bola.com, Jakarta - PSSI melalui rapat komite eksekutif (Exco), Kamis (12/1/2023), mengeluarkan sejumlah keputusan yang mengecewakan. Satu di antaranya menghentikan kompetisi Liga 2 dan Liga 3 Nasional untuk musim ini.

Keputusan ini tentu memantik kekecewaan banyak pihak, baik pesepak bola di dua kasta tersebut, pengurus klub, hingga suporter. Tak terkecuali klub Liga 3, Serpong City.

"Keputusan ini sudah menghancurkan mimpi pemain, bagaimana selanjutnya nasib pemain? Selain mimpi, mereka jugaf punya keluarga yang harus dihidupi," ujar CEO Serpong City, Jerry Nugroho, Jumat (13/1/2023).

Serpong City merupakan klub peserta Liga 3 Banten yang sejak awal memiliki target promosi ke Liga 2. Keputusan PSSI ini pun turut memberikan beban yang sangat berat kepada seluruh elemen klub, mulai dari manajemen, ofisial, dan pemain.

2 dari 4 halaman

Dampak yang Besar

Keputusan yang diambil PSSI menurut Jerry juga akan berdampak sangat besar terhadap sepak bola Indonesia. Menurutnya, sepak bola Indonesia akan makin sulit untuk menjadi industri dan perkembangan tim nasional tak akan signifikan jika bergulirnya kompetisi saja masih terkendala.

"Kejadian ini tentu akan menambah trauma anak-anak Indonesia yang bercita-ciita menjadi pesepak bola. Setiap tahun liganya tidak jelas, mulai dari segi jadwal, hingga format, semua tidak pernah dibuat dengan baik," ujar Jerry.

"Berapa banyak biaya, waktu, tenaga yang sudah dihabiskan klub? Sepak bola Indonesia tidak akan menjadi industri yang maju. Ini sama saja keegoisan pengurus telah membunuh nasib klub dan pemain."

"Bagaimana tim nasional akan bagus jika tanpa kompetisi yang baik? Jangan berharap tim nasional akan lebih baik kalau masih seperti ini kondisinya," lanjut CEO Serpong City itu.

 

 
3 dari 4 halaman

Berharap PSSI Dihuni Sosok Berkompeten

Dalam waktu dekat, PSSI akan menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) yang didahului dengan pelaksanaan Kongres Biasa untuk pembentukan Komite Pemilihan dan Komite Banding Pemilihan.

Jerry berharap dari kongres ini akan hadir sosok-sosok yang lebih berkompeten dalam mengurus sepak bola di Indonesia.

"Saya berharap ke depan federasi bisa lebih berbenah dan diisi orang-orang yang berkompeten, sehingga menghasilkan liga yang bagus, dan tim nasional yang kuat. Tentu saja akan membuat iklim investasi klub sepak bola menjadi lebih baik lagi," tegasnya.

 

4 dari 4 halaman

Kompetisi Liga 2 dan Liga 3 Dihentikan, Tak Ada Degradasi di Liga 1

Selain menghentikan lanjutan Liga 2 dan Liga 3 Nasional musim ini, dalam keputusan melalui rapat Exco PSSI, juga disebutkan bahwa Liga 1 musim ini tak akan memberlakukan sistem degradasi.

Sejumlah pihak menyayangkan keputusan yang berimbas besar itu. Tanpa degradasi dan promosi klub dengan kompetisi di bawahnya, maka iklim persaingan kompetisi juga akan terpengaruh, seperti halnya yang terjadi pada Liga 1 musim lalu.

Video Populer

Foto Populer