Sukses


Bursa Transfer Liga 1: PSS Resmi Lepas 9 Pemain Jelang Putaran Kedua

Bola.com, Sleman - PSS Sleman resmi melepas sembilan pemain jelang putaran kedua BRI Liga 1 2022/2023. Kesembilan pemain itu adalah Ze Valente, Tallyson Duarte, Mychell Chagas, Jandia Eka, Fandi Eko Utomo, Syaiful Ramadhan, Miftahul Hamdi, Komarudin, dan Rizza Fadillah.

Kabar kepergian sejumlah pemain itu sebetulnya sudah muncul sejak berakhirnya putaran pertama BRI Liga 1 2022/2023. Beberapa di antaranya bahkan telah mengucapkan salam perpisahan dengan PSS Sleman dan pendukungnya melalui akun Instagramnya masing-masing.

Hanya saja manajemen klub berjulukan Super Elang Jawa itu baru mengumumkannya pada Jumat (13/1/2023).

"PSS resmi mengakhiri kerja sama dengan Ze Valente, Fandi Eko, Jandia Eka, Syaiful Ramadhan, Tallysson Duarte, Miftahul Hamdi, Komarudin, dan Rizza. Sukses di manapun kalian melanjutkan karier!" tulis PSS Sleman di Instagram @pssleman, Jumat (13/1/2022).

2 dari 5 halaman

3 Pemain Asing Out

Dari sembilan pemain yang keluar, tiga di antaranya merupakan pemain asing, yakni Ze Valente, Tallyson Duarte, dan Mychell Chagas. Saat ini Ze Valente telah resmi bergabung dengan Pesebaya Surabaya.

Dari tiga nama tersebut, Ze Valente jadi satu pemain asing yang performanya tak mengecewakan ketimbang penyerang Mychell Chagas.

Selama berseragam PSS Sleman, pemain asal Portugal tersebut hanya membukukan satu gol dan dua assist dari 15 laga yang dilakoni. Sementara Chagas belum sekalipun mencetak gol maupun assist bagi timnya.

Performa Tallysson Duarte yang berposisi bek juga sebenarnya tidak buruk-buruk amat. Bersama PSS, Duarte membukukan dua gol dan satu assist. Sedangkan satu-satunya pemain asing yang bertahan, Jihad Ayoub, menyarangkan satu gol dan satu assist.

3 dari 5 halaman

Baru Resmikan 2 Pemain

Hingga kini belum ada pergerakan signifikan yang ditunjukkan manajemen PSS Sleman terkait transfer pemain. PSS masih terlihat adem ayem dalam perekrutan pemain.

Sejauh ini Laskar Sembada baru meresmikan dua pemain, yakni memulangkan striker asal Ukraina Yevhen Bokhasvili dan mendatangkan eks gelandang PSIS Semarang, Rachmad Hidayat.

Meski begitu, ada sejumlah nama yang diisukan bakal segera merapat ke Maguwoharjo, di antaranya Guntur Triaji (PSIS Semarang), Rafael Conrado (Qala Saints FC), dan Deyvison Fernandes (Lampang FC).

Kemudian eks PSIS Semarang Jonathan Cantillana, Ricky Cawor (eks Persija Jakarta), dan Haris Tuharea (Madura United). Tiga nama terakhir hampir dipastikan berkostum PSS Sleman pada putaran kedua ini.

"Pemain baru masih dibungkus, kalau untuk pemain baru kita tunggu lagi dari manajemen. Kita tunggu perkembangan pemain baru artinya seperti itu," ujar pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro.

 

4 dari 5 halaman

Harapan Seto

Kehadiran pemain baru kerap menghadirkan kendala, yaitu adaptasi. Tak sedikit pemain baru membutuhkan waktu untuk bisa beradaptasi dengan tim. Seto pun berharap adaptasi bukan kendala yang harus dihadapi para pemain yang baru akan bergabung.

"Harapannya cepat beradaptasi, tetapi saya pikir pemain baru sudah tahu bagaimana karakter kami bermain jadi mungkin kendala pasti ada, tapi semoga tidak terlalu banyak," ujar Seto.

"Saya pikir pemain yang rencana kami ambil adalah pemain yang pernah melihat bagaimana kami bermain," lanjut pelatih PSS Sleman itu.

Kehadiran amunisi anyar tentu memberikan angin segar bagi klub kesayangan Slemania dan BCS itu. Mereka diharapkan dapat menambah daya gedor Super Elja di putaran kedua kompetisi musim ini.

5 dari 5 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 saat Ini

Video Populer

Foto Populer