Sukses


Persebaya Mengusulkan Kaesang Pangarep Jadi Ketua Komite Pemilihan KLB PSSI

Bola.com, Surabaya - PSSI menggelar Kongres Biasa pada hari ini, 14 Januari 2023, dan Minggu besok, 15 Januari 2023. Salah satu pembahasan kongres tersebut adalah pembentukan Komite Pemilihan dan Komite Banding.

Persebaya Surabaya sebagai peserta kongres mengusulkan Kaesang Pangarep sebagai Ketua Komite Pemilihan. Putra Presiden Joko Widodo itu dinilai layak dan memiliki integritas untuk menduduki jabatan tersebut.

Usul tersebut tertuang dalam surat bernomor 152/PT.PI-I/2023 yang dikirim oleh manajemen Persebaya ke PSSI.

“Kami telah mengirim surat tertulis ke PSSI untuk bisa dibahas di  kongres. Membawa nama Mas Kaesang untuk dipilih sebagai Ketua Komite Pemilihan,” kata Candra Wahyudi, Direktur Persebaya dalam rilis yang diterima Bola.com, Sabtu (14/1/2023).

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Kaesang Sosok Tepat

Komite Pemilihan dan Komite Banding sendiri nantinya akan bertugas menerima dan menyeleksi kelayakan pada bakal calon ketua umum, wakil ketua umum, dan komite eksekutif PSSI.

Hasil kerja Komite Pemilihan ini, nantinya akan dibawa dalam Kongres Luar Biasa Pemilihan PSSI yang digelar 16 Februari 2023 mendatang.

Candra menilai sosok Kaesang sangat tepat dengan peran strategis dari Komite Pemilihan. Pria yang juga menjabat CEO Persis Solo itu memahami dan memiliki spirit yang sama dengan Persebaya untuk melakukan tata kelola sepak bola nasional ke arah yang lebih baik. 

“Beliau orang tepat untuk mengemban tugas ini,” ucap Candra Wahyudi.

 

3 dari 4 halaman

Jalur Komite Pemilihan

Ada dua jalur dalam penentuan Komite Pemilihan. Satu melalui usulan para pemilik suara yang diajukan ke Komite Eksekutif  PSSI. Selanjutnya, Komite Eksekutif memilih sejumlah nama dan dibawa ke Kongres untuk dimintakan persetujuan. 

Cara kedua, yakni pemilik suara bisa langsung mengusulkan nama di arena Kongres PSSI. Kemudian dipilih bersama para voter. Salah satu syaratnya, calon yang diusulkan ini bersedia dan hadir di kongres PSSI.

Seperti diketahui, KLB PSSI nanti akan memilih ketua umum baru. Nama La Nyalla Mattalitti sudah muncul sebagai calon dan mengirim berkas.

Lalu, ada dua nama lain yang juga disebut bakal maju dalam pencalonan ketua umum PSSI. Mereka adalah Menteri BUMN, Erick Thohir, dan Presiden Madura United, Achsanul Qosasi.

4 dari 4 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 2022/2023

Video Populer

Foto Populer