Sukses


Kantongi Izin Presiden Jokowi, Ini Alasan Menpora Zainudin Amali Mau Dicalonkan sebagai Wakil Ketua Umum PSSI

Bola.com, Jakarta - Daftar calon ketua umum, wakil ketua umum, dan anggota komite ekskutif PSSI sudah diumumkan. Ada satu nama yang menarik perhatian pada daftar tersebut.

Satu nama yang dimaksud adalah Menpora, Zainudin Amali. Ia masuk ke dalam daftar calon wakil ketua umum PSSI.

Selasa (17/1/2023) petang WIB, Zainudin pun membeberkan alasannya mengapa mau dicalonkan sebagai wakil ketua umum PSSI. Zainudin mengaku mendapatkan dukungan dari beberapa klub dan Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI.

"Menyambung dengan keinginan Asprov, klub, mereka bilang, 'pak kenapa tidak serius untuk mengurus hal yang menyangkut hajat hidup orang banyak'," ujar Zainudin Amali kepada awak media di Gedung Kemenpora, Jakarta.

2 dari 3 halaman

Dapat Restu

Zainudin Amali kemudian menyatakan dirinya tak serta-merta mengambil keputusan untuk maju dalam bursa pencalonan wakil ketua umum PSSI. Ia mengaku sudah berdiskusi dengan beberapa pihak.

"Saya sudah diskusi, tidak perlu disebutkan dikusi dengan siapa," jelasnya.

Zainudin Amali kemudian mengeaskan dirinya sudah meminta izin kepada Presiden Joko Widodo soal rencanan pencalonan sebagai wakil ketua umum PSSI. Pria berusia 60 tahun tersebut menyatakan restu dari Presiden sudah ia dapatkan.

"Sepertinya saya harus masuk mengurus itu (PSSI). Tapi kan saya sebagai menteri saya harus minta izin ke Presiden, dan sudah diizinkan," sambungnya.

3 dari 3 halaman

Serius Urus Olahraga

Lebih lanjut, Zainudin Amali pun menegaskan pemerintahan era Joko Widodo sangat serius dalam mengurus olahraga, utamanya sepak bola.

Zainudin Amali kemudian menyebut kembali adanya Instruksi Presiden nomor 3 tahun 2019 tentang percepatan Persepakbolaan Nasional. "Presiden sampai mengeluarkan impres artinya kita sungguh-sungguh," ujarnya.

Zainudin Amali pun menyebut sepak bola sangat dicintai masyarakat Indonesia. Lebih dari 70 persen dari populasi Indonesia mencintai olahraga tersebut.

"Masyarakat sangat menyukai sepak bola dan mendambakan sepak bola bisa maju," tandas Amali.

Video Populer

Foto Populer