Sukses


Park Hang-seo Akui Banyak Dapat Tawaran, Ada dari Timnas Indonesia?

Bola.com, Hanoi - Park Hang-seo memastikan belum mau pensiun selepas meninggalkan Timnas Vietnam. Pelatih asal Korea Selatan itu masih mau berkarier dan mengaku sudah mendapatkan banyak tawaran melatih.

Kerja sama antara Park Hang-seo dengan Timnas Vietnam akan resmi berakhir pada 31 Januari 2023. Kedua pihak sepakat berpisah, karena Park Hang-seo menolak memperbaharui kontraknya bersama Vietnam.

Park juga sudah memastikan tidak akan berkarier di Vietnam dan Korea Selatan lagi. Pelatih berusia 64 tahun itu menegaskan akan memutuskan kelanjutan kariernya dalam waktu dekat.

"Saya merupakan orang yang bila melakukan sesuatu maka tidak dapat memikirkan hal lain. Agensi saya tampaknya mendapatkan beberapa proposal untuk masa depan dan saya senang memikirkannya," kata Park Hang-seo seperti dikutip VN Express.

2 dari 5 halaman

Tak Mau Buru-buru

Park Hang-seo menegaskan akan memikirkan semua jenis tawaran dengan seksama. Dia mengaku enggan terburu-buru memutuskan masa depannya.

"Saya juga harus berdiskusi dengan keluarga. Harus memikirkan secara mendalam tentang apa yang harus dilakukan dan ke mana harus pergi," ucap Park Hang-seo.

"Hal yang paling pasti bisa dikatakan adalah saya masih bekerja terkait dengan sepak bola. Itu adalah bidang yang saya kuasai," tegas sang pelatih.

3 dari 5 halaman

Coret 2 Negara

Park Hang-seo telah mencoret dua negara terkait masa depannya yakni Vietnam dan Korea Selatan. Dia mengaku tidak akan menerima tawaran apapun yang berasal dari dua negara itu.

"Saya telah mengatakan tidak akan menjadi pelatih di Vietnam dan Korea lagi. Di Vietnam saya berhenti menjadi pelatih timnas dan tidak berniat mengambil posisi ini di tempat lain," ujar Park Hang-seo.

"Di Korea banyak junior dan rekan yang lebih baik dari saya. Sehingga saya menilai tidak memiliki sesuatu yang istimewa untuk dilakukan di kampung halaman saya," jelas Park Hang-seo.

4 dari 5 halaman

Pertimbangkan Indonesia?

Park Hang-seo tak menyebut Indonesia sama sekali terkait kelanjutan kariernya. Apalagi, saat ini masih ada Shin Tae-yong yang terikat kontrak sampai 31 Desember 2023.

Meski demikian, segala kemungkinan tentu terbuka buat Park Hang-seo. Terlebih Shin Tae-yong saat ini masa depannya masih misteri karena tak kunjung mempersembahkan gelar.

Menarik untuk menantikan kelanjutan karier pelatih berusia 60 tahun tersebut. Bakal menjadi sebuah kejutan bila Park Hang-seo melanjutkan kiprahnya di Asia Tenggara.

5 dari 5 halaman

Rapor Park Hang-seo

Park Hang-seo memulai karier di Vietnam pada 2017. Sejak saat itu, kehadiran pelatih asal Korea Selatan itu meningkatkan kualitas sepak bola Vietnam.

Timnas Vietnam berhasil menjuarai Piala AFF 2018. Timnas U-23 Vietnam juga sukses meraih dua medali emas SEA Games hingga runner-up Piala AFC U-23 2018.

Rataan kariernya di timnas senior pun cukup bagus. Dalam 53 laga bersama Timnas Vietnam, Park Hang-seo mempersembahkan 26 kemenangan, 12 kali imbang, dan 15 kali kalah.

Video Populer

Foto Populer