Sukses


Raih Gelar Pemain Termuda Terbaik, Marselino Ferdinan Lebih Dipercaya Shin Tae-yong Ketimbang Egy dan Witan di Piala AFF 2022

Bola.com, Jakarta - Penghargaan Pemain Muda Terbaik Piala AFF 2022 yang diraih Marselino Ferdinan, memang semakin menegaskan bahwa ia adalah salah satu andalan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Bahkan, Marselino Ferdinan juga ternyata jauh lebih dipercaya Shin Tae-yong ketimbang dua pemain muda Timnas Indonesia lainnya di Piala AFF 2022, yakni Witan Sulaeman dan Egy Maulana Vikri.

Setidaknya, ada sejumlah catatan yang membuktikan bahwa Shin Tae-yong bersedia memberikan kesempatan lebih banyak untuk Marselino ketimbang dua pemain andalan skuad Merah Putih tersebut.

Yang jelas, penghargaan sebagai Pemain Muda Terbaik Piala AFF 2022 bisa menjadi motivasi tersendiri bagi pemain asal Persebaya Surabaya itu untuk terus meningkatkan level permainannya.

2 dari 4 halaman

Punya Menit Bermain Lebih Banyak

Sepanjang gelaran Piala AFF 2022, Marselino Ferdinan memang tercatat mengumpulkan menit bermain terbanyak bersama Timnas Indonesia ketimbang Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman.

Sebab, pemain berusia 18 tahun itu sukses mengumpulkan 343 menit bermain sepanjang turnamen. Jumlah itu didapatkan dari total lima penampilannya di Piala AFF 2022.

Sementara itu, Witan Sulaeman hanya bisa membukukan total 277 menit bermain meskipun jumlah penampilannya lebih banyak, yakni dengan enam pertandingan.

Sebagai catatan, Witan hanya sempat mengenyam satu menit bermain saat dirinya turun sebagai pemain pengganti pada laga leg pertama semifinal Piala AFF 2022 kontra Vietnam.

Adapun Egy Maulana Vikri kesempatannya jauh lebih minim. Dari total empat laga, pemain yang kini berstatus free agent itu hanya bisa mendulang 198 menit bermain.

3 dari 4 halaman

Lebih Sering Jadi Starter

Sebetulnya, catatan menit bermain yang melimpah ini tak terlepas dari banyaknya kesempatan bermain sebagai starter yang diperoleh Marselino Ferdinan.

Pasalnya, dari awal fase grup hingga leg kedua semifinal Piala AFF 2022, kapten Timnas Indonesia U-20 ini bisa mendapatkan empat kali kesempatan bermain sejak menit awal.

Sementara itu, Witan Sulaeman yang sudah bermain dalam enam laga hanya bisa mendapat kesempatan bermain sebanyak tiga kali sebagai starter.

Adapun Egy Maulana Vikri hanya bermain empat kali, baru bisa memperoleh tiga kali kesempatan turun sebagai starter pada Piala AFF 2022.

4 dari 4 halaman

Dipercaya untuk Bermain Penuh

Selain itu, catatan lainnya yang membuktikan bahwa Marselino Ferdinan jauh lebih dipercaya Shin Tae-yong di Piala AFF 2022 ialah catatan penampilannya yang sukses bermain penuh.

Setidaknya, ada dua kali kesempatan di mana pemain kelahiran 9 September 2004 ini tak tergantikan di lapangan, yakni pada laga perdana Grup A kontra Kamboja dan Vietnam pada leg pertama semifinal Piala AFF 2022.

Sementara itu, Egy dan Witan sama sekali tak pernah sekali pun mendapat kans untuk bisa mencatatkan penampilan selama 2x45 menit di atas lapangan.

Video Populer

Foto Populer