Sukses


Jika Erick Thohir Terpilih Jadi Ketua PSSI, Ini Harapan Raphael Maitimo

Bola.com, Jakarta - Bakal Calon Ketua PSSI, Erick Thohir dianggap sebagai sosok yang paling pas memimpin federasi sepak bola Tanah Air itu periode 2023-2027. Opini ini diungkapkan oleh mantan pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Raphael Maitimo.

Raphael Maitimo mengatakan, majunya Erick Thohir di bursa pencalonan Ketum PSSI jadi angin segar bagi sepak bola nasional. Pria berusia 52 tahun itu diharapkan membawa perubahan di tubuh organisasi tersebut.

"Kalau Pak Erick Thohir yang terpilih saya rasa cocok banget dan menurut saya sosok berkualitas dan berpendidikan," ujar Raphael Maitimo kepada Bola.com Kamis (19/1/2023) pagi.

Seperti diketahui, total lima orang bakal bertarung untuk memperebutkan kursi Ketua PSSI periode 2023-2027. Selain Erick Thohir, adapula La Nyalla Mattalitti, Arif Putra Wicaksono, Doni Setiabudi, dan Ferry Jemy Francis.

Adanya figur baru tentu akan membawa harapan baru pula bagi pencinta sepak bola Indonesia. Ketimbang orang-orang lama yang sampai saat ini tidak membawa perubahan signifikan untuk sepak bola Tanah Air.

2 dari 4 halaman

Leadership yang Bagus

Bukan tanpas alasan Raphael Maitimo menjagokan Erick Thohir. Dia melihat eks Presiden Inter Milan itu punya jiwa leadership yang bagus.

"Sebagai ambassador Asian Games 2018 saya pernah bekerjasama dengan pak Erick Thohir dan tim dia. Saya sangat puas dengan profesionalisme bagaimana semuanya diatur dari tim Erick Thohir," kata pemain kelahiran Rotterdam, Belanda itu.

"Ya itu memang sangat beda dalam struktur dan organisasi sepak bola. Tetapi beliau sangat dalam setiap memimpin organisasi atau saat menangani event besar," lanjutnya.

3 dari 4 halaman

Harapan Raphael Maitimo

Raphael Maitimo mengapungkan harapan besar jika Erick Thohir terpilih menjadi Ketum PSSI periode selanjutnya nanti. Salah satunya dia ingin PSSI tidak menyalahi aturan FIFA. Yang mana ini merujuk pada penghentian Liga 2 dan Liga 3 yang sudah berjalan hampir separuh musim.

"Harapan saya pertama semuanya bisa sesuai aturan FIFA. Jangan bikin aturan sendiri lagi seperti dulu, semua negara-negara harus ikut aturan FIFA juga," tuturnya.

"Semoga infrastruktur dan fasilitas klub juga akan bisa diperbaiki. Tidak ada lagi tunggakan gaji atau terlambat bayar. Semoga kasus-kasus seperti itu tidak ada lagi, PSSI bisa tegas," sambungnya.

4 dari 4 halaman

Rekam Jejak Mentereng

Erick Thohir punya track record ciamik di dunia sepak bola. Menteri BUMN itu pengalaman mengelola klub-klub besar.

Pria kelahiran Jakarta tersebut pernah menjadi Presiden salah satu raksasa sepak bola Italia, Inter Milan. Kemudian pemilik DC United, hingga Wakil Komisaris Utama klub Liga 1, Persis Solo.

"Tapi ya siapapun yang akan jadi Ketua Umum PSSI semoga jadi pilihan yang terbaik untuk kita semua," pungkas Raphael Maitimo.

Video Populer

Foto Populer