Sukses


PSSI Pastikan Marselino Ferdinan Tak Dapat Penghargaan Pemain Muda Terbaik Piala AFF 2022

Bola.com, Jakarta - PSSI buka suara mengenai penghargaan Pemain Muda Terbaik Piala AFF 2022 yang diterima Marselino Ferdinan. PSSI memastikan sang pemain tidak mendapatkan penghargaan tersebut.

Marselino Ferdinan awalnya diumumkan sebagai Pemain Muda Terbaik Piala AFF 2022. Pengumuman penghargaan itu disebutkan pada penyerahan trofi juara yang diraih Thailand.

Namun, pihak AFF melalui media resmi maupun sosmed tidak mengumumkan adanya gelar pemain muda terbaik, berbeda dari edisi sebelumnya.

Pada 2020, ada gelar pemain terbaik yang jatuh kepada Pratama Arhan.

Namun, PSSI membantah penghargaan yang diberikan pada Marselino Ferdinan. Media Officer PSSI, Bandung Saputra, menyebut AFF tidak pernah memberikan penghargaan Pemain Muda Terbaik pada turnamen tersebut.

"Kembali kami konfirmasi, AFF tidak memberikan penghargaan untuk kategori Pemain Muda Terbaik pada ajang Piala AFF 2022," kata Bandung Saputra.

 

2 dari 5 halaman

Tampil Mengesankan

Marselino Ferdinan tampil mengesankan bersama Timnas Indonesia pada Piala AFF 2022. Pemain berusia 18 tahun itu dipercaya bermain sebagai tim inti.

Pelatih Shin Tae-yong memberikan Marselino kesempatan bermain sebanyak lima pertandingan. Marselino tercatat bermain selama 344 menit.

Marselino juga berhasil menyumbang satu gol dan satu assist. Catatan mengesankan itulah yang seharusnya bisa jadi pertimbangan pemberian penghargaan.

3 dari 5 halaman

Gelar Ketujuh

Thailand menjadi juara Piala AFF 2022. Gelar tersebut diraih setelah mengalahkan Vietnam pada final dengan agregat 3-2.

Gelar ini menjadi yang ketujuh sepanjang sejarah turnamen tersebut. Thailand semakin mengukuhkan diri sebagai tim dengan jumlah gelar Piala AFF terbanyak.

Thailand tercatat meraih gelar tersebut pada 1996, 2000, 2002, 2014, 2016, 2020, dan 2022. Thailand unggul tiga gelar dari Singapura yang sudah mengumpulkan empat trofi.

4 dari 5 halaman

Pemain Terbaik: Theerathon Bunmathan

Theerathon Bunmathan memang tampil luar biasa di sepanjang turnamen. Bunmathan yang selama ini dikenal sebagai bek kiri berubah posisinya menjadi gelandang bertahan.

Pemain Buriram United itu menjadi jenderal baru di lini tengah Timnas Thailand. Ia mampu menjadi rekan duet yang menarik bagi Sarach Yooyen.

Theerathon Bunmathan hanya mencetak satu gol di Piala AFF 2022. Menariknya, gol itu dicetak pada babak final.

5 dari 5 halaman

Top Scorer: Teerasil Dangda dan Nguyen Tien Linh

Gelar lain untuk Timnas Thailand hadir dari sang penyerang, Teerasil Dangda. Bersama penyerang Timnas Vietnam, Nguyen Tien Linh, Dangda mencetak enam gol di Piala AFF 2022.

Keduanya mendapatkan gelar top scorer alias pencetak gol terbanyak bersama di Piala AFF 2022.

Gelar ini cukup menarik bagi Dangda. Sebab, bisa jadi Piala Dunia 2022 menjadi turnamen terakhirnya bersama Timnas Thailand, mengingat usianya sudah 34 tahun.

Video Populer

Foto Populer