Sukses


Nama Beken Masuk Radar Pengganti Park Hang-seo di Timnas Vietnam, Mulai Mantan Pelatih Belgia hingga Spanyol

Bola.com, Hanoi - Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) mulai bergerilya mencari pelatih anyar untuk Timnas Vietnam. Langkah itu dilakukan karena Vietnam akan ditinggal Park Hang-seo pada akhir Januari 2023.

Park Hang-seo memutuskan tidak memperbaharui kontraknya sebagai pelatih Timnas Vietnam. Situasi itu membuat VFF bergerak cepat untuk segera mencari sosok pengganti yang layak.

Menurut laporan Bongda, sejumlah nama pelatih berkualitas masuk radar pengganti Park Hang-seo. Contohnya adalah mantan pelatih Belgia, Marc Wilmots, mantan pelatih Spanyol, Javier Clemente, dan mantan pemain Real Madrid dan Barcelona, Robert Prosinecki.

Para pelatih di atas memang punya pengalaman yang panjang. Bahkan, mereka pernah membantu mantan timnya tampil di Piala Dunia hingga Piala Eropa.

2 dari 5 halaman

Proses Penyaringan

Wakil Ketua Umum VFF, Tran Anh Tu, menyebut pihaknya saat ini sedang menyaring kandidat yang dianggap tepat menjadi pengganti Park Hang-seo.

Pelatih terpilih nantinya wajib mampu memberikan prestasi gemilang buat Timnas Vietnam tak lagi di Asia Tenggara, melainkan level Asia hingga dunia.

"Daftar kandidat sudah ada. Sekarang VFF mulai menyaringnya," kata Tran Anh Tu.

"VFF akan mencatat kandidat yang dianggap cocok untuk dievaluasi Dewan Pelatih Nasional. Setelah itu melapor ke Komite Tetap VFF sebelum ke tahap lebih lanjut dan menandatangani kontrak," tegas Tran Anh Tu.

3 dari 5 halaman

Nama Lainnya

Selain ketiga nama di atas, Philippe Troussier juga masuk dalam bursa pengganti Park Hang-seo di Timnas Vietnam. Philippe Troussier bukan sosok yang asing di sana.

Philippe Troussier merupakan pelatih Vietnam U-19 rentang 2019-2021. Philippe Troussier juga sudah berpengalaman menukangi timnas elite di dunia seperti Pantai Gading, Nigeria, Bukina Faso, Afrika Selatan, Jepang, Qatar, hingga Maroko.

Selain itu, juga ada kandidat lain yang pernah dikaitkan sebagai pengganti Park Hang-seo. Mereka adalah Park Lee-yong, Gong Oh-kyun, hingga Kiatisuk Senamuang.

4 dari 5 halaman

Coret Vietnam

Park Hang-seo telah mencoret dua negara terkait masa depannya yakni Vietnam dan Korea Selatan. Dia mengaku tidak akan menerima tawaran apapun yang berasal dari dua negara itu.

"Saya telah mengatakan tidak akan menjadi pelatih di Vietnam dan Korea lagi. Di Vietnam saya berhenti menjadi pelatih timnas dan tidak berniat mengambil posisi ini di tempat lain," ujar Park Hang-seo.

"Di Korea banyak junior dan rekan yang lebih baik dari saya. Sehingga saya menilai tidak memiliki sesuatu yang istimewa untuk dilakukan di kampung halaman saya," jelas Park Hang-seo.

5 dari 5 halaman

Rapor Park Hang-seo

Park Hang-seo memulai karier di Vietnam pada 2017. Sejak saat itu, kehadiran pelatih asal Korea Selatan itu meningkatkan kualitas sepak bola Vietnam.

Timnas Vietnam berhasil menjuarai Piala AFF 2018. Timnas U-23 Vietnam juga sukses meraih dua medali emas SEA Games hingga runner-up Piala AFC U-23 2018.

Rataan kariernya di timnas senior pun cukup bagus. Dalam 53 laga bersama Timnas Vietnam, Park Hang-seo mempersembahkan 26 kemenangan, 12 kali imbang, dan 15 kali kalah.

Sumber: Bongda

Video Populer

Foto Populer