Sukses


Patut Ditiru! Thai League Rela Ubah Jadwal demi Dukung Timnas Thailand Tampil di Piala WAFF 2023

Bola.com, Bangkok - Thai League mengonfirmasi pengubahan jadwal pertandingan pekan ke-24 dan ke-25 musim ini. Langkah itu dilakukan untuk mendukung Timnas Thailand berlaga di Piala WAFF 2023.

Tim yang dijuluki Gajah Perang itu, mendapatkan undangan dari Konfederasi Sepak Bola Asia Barat (WAFF) untuk mengikuti Piala WAFF 2023 pada 20 Maret sampai 2 April mendatang. Turnamen itu akan berlangsung di Uni Emirat Arab.

Timnas Thailand menjadi satu-satunya tim di luar WAFF yang tampil pada turnamen tersebut. Setelah menerima undangan itu, Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) berkoordinasi dengan operator Thai League.

Hasilnya adalah operator Thai League rela mengubah jadwal pertandingan pekan ke-24 dan 25. Tujuannya adalah agar pelatih Alexandre Polking bisa mendapatkan kekuatan terbaik dalam menyusun pemain Timnas Thailand yang akan berlaga di Piala WAFF 2023.

2 dari 4 halaman

Pengubahan Jadwal

Menurut laporan Thairath, pekan ke-24 dan 25 Thai League seharusnya digelar pada 18-19 Maret dan 1-2 April mendatang. Namun, berubahnya jadwal itu telah disepakati untuk mendukung Timnas Thailand.

Pekan ke-24 dimajukan ke tanggal 16-17 Maret. Adapun pekan ke-25 dimundurkan ke 18-19 April 2023.

Pengubahan jadwal itu memungkinkan para pemain yang dipanggil ke Timnas Thailand mendapatkan waktu yang tepat untuk mematangkan persiapan. Selain itu, pihak klub juga tak akan dirugikan dengan keputusan tersebut.

3 dari 4 halaman

Patut Ditiru

Keputusan operator Thai League mengubah jadwal kompetisi demi membantu Timnas Thailand tentu patut ditiru oleh Liga 1. Selama ini masih terlihat liga tetap berjalan saat Timnas Indonesia sedang bermain.

Situasi itu yang kerap membuat klub enggan melepas pemain ke Timnas Indonesia. Bila Tim Garuda dapat dukungan penuh tentu pelatih Shin Tae-yong akan leluasa memanggil pemain yang dibutuhkan.

Selain itu, klub juga tak perlu kebingungan ditinggal pemain andalan. Toh tak ada liga yang dimainkan selama Timnas Indonesia sedang berlaga.

4 dari 4 halaman

Mengenal Piala WAFF

Piala WAFF merupakan turnamen dua tahunan yang diselenggarakan di Asia Barat. Turnamen ini mirip dengan Piala AFF yang berada di Asia Tenggara.

Pada edisi 2023, Piala WAFF diikuti 12 negara. Thailand nantinya akan bersaing dengan Bahrain, Irak, Yordania, Kuwait, Lebanon, Oman, Palestina, Arab Saudi, Suriah, Uni Emirat Arab, dan Yaman.

Sejauh ini, Iran menjadi tim yang paling banyak mengoleksi gelar Piala WAFF. Iran tercatat meraih empat gelar pada edisi 2000, 2004, 2007, dan 2008.

Video Populer

Foto Populer