Sukses


Piala Asia U-20 2023 Kian Dekat, Tim Pelatih Timnas Indonesia U-20 Siapkan Agenda TC di Luar Negeri

Bola.com, Yogyakarta - Timnas Indonesia U-20 tengah menyiapkan rencana untuk menggelar pemusatan latihan (TC) di luar negeri sebagai persiapan menghadapi kejuaraan Piala Asia U-20 2023.

Rencana menggelar TC di luar negeri ini dianggap sangat penting untuk mematangkan persiapan Timnas Indonesia U-20. Sebab, gelaran Piala Asia U-20 2023 ini rencananya akan bergulir pada 1 hingga 18 Maret 2023 di Uzbekistan.

Tentu saja, ini bakal menjadi proses lanjutan yang akan dijalani oleh skuad asuhan Shin Tae-yong. Pasalnya, mereka sempat menggelar agenda serupa pada medio Oktober hingga November 2022 lalu.

Ketika itu, selain menggelar latihan intensif di Turki dan Spanyol, Marselino Ferdinan dan kolega juga menjalani beberapa pertandingan uji coba.

 

 

 

2 dari 4 halaman

Mulai Persiapan Awal Februari

Asisten Pelatih Timnas Indonesia U-20, Nova Arianto, menyebut bahwa rangkaian persiapan menuju Piala Asia U-20 2023 rencananya akan dimulai pada 1 Februari mendatang.

Namun demikian, situasi ini tentunya akan tetap disesuaikan dengan kondisi para pemain Timnas Indonesia U-20 yang mayoritas sudah berstatus sebagai penggawa tim di Liga 1.

“Kalau sesuai dengan rencana awal, pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-20 akan dimulai pada 1 Februari. Kami akan memulai latihan untuk Timnas U-20,” kata Nova saat ditemui Bola.com, Kamis (19/1/2023).

“Namun, kami akan melihat kembali situasi ke depan, bagaimana dengan pemain-pemain yang akan kami ambil dari kompetisi (Liga 1),” lanjutnya.

3 dari 4 halaman

Siapkan Agenda TC Luar Negeri

Selain itu, Nova juga menyebut bahwa tim pelatih sudah menyiapkan agenda pemusatan latihan di luar negeri untuk mematangkan para pemain Timnas Indonesia U-20.

Namun, rencana ini masih menunggu perkembangan terbaru dari PSSI. Sebab, pihaknya belum bisa memastikan negara mana yang akan menjadi tujuan skuad Garuda Nusantara.

“Rencana untuk menggelar pemusatan latihan di luar negeri ada. Namun, kami masih menunggu update dari PSSI di mana kami akan menggelar TC-nya,” katanya.

 

4 dari 4 halaman

Hadapi Persaingan Sengit

Pada fase penyisihan Piala Asia U-20 2023, Timnas Indonesia U-20 akan tergabung di Grup A. Sejumlah negara elite nantinya akan tergabung di grup ini. 

Sebab, Timnas Indonesia U-20 akan bersaing dengan Irak, Suriah, dan Uzbekistan. Tim yang disebut terakhir berstatus sebagai tuan rumah penyelenggara Piala Asia U-20 2023.

Untuk pertandingan perdana, Marselino Ferdinan dkk bakal menantang Irak. Duel ini dijadwalkan berlangsung di Stadion Lokomotiv, Tashkent, 1 Maret 2023.

Video Populer

Foto Populer