Sukses


Pratama Arhan Telah Buat Keputusan: Tetap Bertahan di Tokyo Verdy, Berharap Menit Bermain Lebih Banyak

Bola.com, Jakarta - Ada gairah yang muncul ketika Pratama Arhan resmi digaet Tokyo Verdy pada Maret 2022 lalu. Saat itu, publik sangat berharap Arhan bisa berkembang pesat di Jepang.

Namun, harapan itu perlahan mulai memudar. Terutama setelah melihat fakta jika Pratama Arhan hanya dimainkan dalam satu babak pada J2 League 2022 oleh Tokyo Verdy.

Satu-satunya penampilan Pratama Arhan itu terjadi ketika Verdy bertandang ke markas Tochigi SC. Menariknya lagi, pada laga itu Pratama Arhan tidak dimainkan di posisi terbaiknya di bek kiri.

Namun, Arhan justru dipasang sebagai winger kanan. Debut Arhan itu memang berakhir untuk kemenangan 1-0 oleh Tokyo Verdy, tetapi Arhan mendapatkan kartu kuning selama 45 menit bermain. 

2 dari 4 halaman

Tetap Semangat

Pratama Arhan pun tetap mencoba percaya diri. Ia tetap memiliki semangat tinggi untuk menyambut musim baru J2 League 2023 bersama Tokyo Verdy.

"Saya sangat senang bisa bermain lagi untuk Tokyo Verdy di musim ini," ujar Pratama Arhan di akun Instagram Tokyo Verdy.

Pemain kelahiran Jawa Tengah itu siap untuk berlatih lebih keras. Ia juga berharap bisa mendapatkan kesempatan bermain yang lebih banyak di Tokyo Verdy pada musim ini. 

"Saya ingin berlatih keras setiap hari sehingga saya bisa banyak bermain di musim ini dan melakukan yang terbaik untuk tim supaya lebih kuat," jelasnya.

3 dari 4 halaman

Musim Penentuan

Meski mencoba tetap berpikir positif dan percaya diri, Pratama Arhan harus mulai memikirkan kariernya. Jika tetap tidak mendapatkan kesempatan bermain yang cukup di Tokyo Verdy, Arhan harus mulai memikirkan karier di klub lain.

J2 League 2023 bisa menjadi musim penentuan bagi Pratama Arhan. Masa depannya bisa tergantung pada musim yang akan segera bergulir tersebut.

Minimnya menit bermain yang diterima Pratama Arhan berpengaruh terhadap penampilannya di Timnas Indonesia. Pelatih tim Merah-Putih, Shin Tae-yong beberapa kali mengeluh soal itu. 

Meski demikian, Pratama Arhan harus mengubur jauh-jauh terlebih dahulu keinginan kembali bermain di Indonesia. Ia harus tetap mencari peluang untuk berkompetisi di luar negeri. 

4 dari 4 halaman

Bisa Promosi?

Tokyo Verdy memiliki target promosi pada J2 League 2022. Namun, target itu gagal dicapai. Pada klasemen akhir musim, mereka hanya menempati posisi kesembilan.

Musim ini Tokyo Verdy pun memiliki target yang sama. Mereka juga akan tetap mengandalkan pelatih Hiroshi Jofuku yang sudah menukangi mereka sejak musim lalu.

J2 League 2023 rencananya akan dimulai pada 18 Februari 2023. Liga sepak bola level kedua di Jepang itu akan berakhir pada November di tahun yang sama. 

Video Populer

Foto Populer