Sukses


3 Tim Raksasa yang Performanya Melesat di BRI Liga 1, Persaingan Papan Atas Kian Memanas!

Bola.com, Jakarta - Sejumlah tim papan atas mulai memperlihatkan performa yang apik di kompetisi BRI Liga 1 2022/2023. Bahkan, mereka pun kini mulai memanaskan persaingan papan atas klasemen sementara.

Namun, ada pula yang perlahan-lahan mulai memperbaiki performanya di BRI Liga 1. Performa mereka juga semakin terbantu dengan kembalinya penggawa Timnas Indonesia yang sempat absen selama Piala AFF 2022.

Sejauh ini, setidaknya ada tiga tim raksasa di BRI Liga 1 yang sukses memperlihatkan catatan positif. Dua kontestan di antaranya memang melesat karena dibantu pelatih yang berkualitas.

Dengan membaiknya performa tim-tim ini, persaingan papan atas klasemen BRI Liga 1 akan semakin panas. Bukan tidak mungkin, komposisinya akan terus berubah karena ketatnya persaingan tersebut.

 

2 dari 5 halaman

Persebaya Surabaya

Persebaya Surabaya mulai memperlihatkan perbaikan performa pada dua pertandingan terakhirnya di kompetisi BRI Liga 1 musim ini.

Salah satu alasannya tak terlepas dari hadirnya dua pemain yang sempat absen karena memenuhi panggilan Timnas Indonesia untuk menghadapi Piala AFF 2022.

Dua nama yang dimaksud ialah Marselino Ferdinan dan Rizky Ridho. Mereka harus absen dalam waktu yang lama, terutama ketika BRI Liga 1 dilanjutkan dengan sistem gelembung.

Sebab, mereka harus menjalani pemusatan latihan skuad Garuda selama kurang lebih sebulan. Setelah kembali dari panggilan negara, keduanya pun langsung berkontribusi.

Mereka jadi aktor kemenangan tim asuhan Aji Santoso yang sukses menggasak Persita Tangerang lima gol tanpa balas pada pekan ke-19.

Marselino Ferdinan, misalnya, sukses mencetak dua gol untuk Bajul Ijo. Adapun Rizky Ridho menyumbang satu gol lewat eksekusi bola mati plus membantu Persebaya meraih cleansheet.

Kemenangan ini sekaligus melanjutkan catatan positif tim asal Kota Pahlawan setelah sebelumnya menang 2-1 atas Dewa United. Untuk saat ini, mereka naik ke peringkat sembilan klasemen dengan koleksi 25 poin dari 18 laga.

 

3 dari 5 halaman

Persija Jakarta

Persija Jakarta sebetulnya menjadi salah satu tim raksasa yang mampu membukukan penampilan impresif di BRI Liga 1. Buktinya, kini mereka duduk di empat besar klasemen.

Bahkan, sebetulnya Macan Kemayoran nyaris mengambil alih puncak klasemen sementara pada pekan ke-19 andai mampu menang atas Persis Solo. Sayangnya, skenario ini gagal terwujud.

Terlepas dari hal itu, performa Persija Jakarta di bawah asuhan Thomas Doll memang cukup menjanjikan, terlepas dari masalah produktivitas gol yang tersumbat pada beberapa laga terakhir.

Catatan ini memang pada akhirnya merembet pada hasil buruk yang diraih Persija. Saat tak bisa mencetak gol, Riko Simanjuntak dkk akhirnya harus menelan kekalahan.

Momen ini terjadi pada laga kontra Persib Bandung dan Persis Solo. Dalam dua laga paling anyar itu, Macan Kemayoran kalah dengan skor yang identik, yakni 0-1.

Namun, mereka sempat memperlihatkan performa luar biasa ketika menumbangkan Bali United dengan skor 3-2. Dua gol di antaranya tercipta pada babak tambahan waktu.

Untuk saat ini, Persija masih berada di urutan keempat dengan koleksi 35 poin dari 19 laga. Mereka juga punya catatan kebobolan yang impresif, karena baru 14 kali kebobolan.

Ini menjadi torehan terbaik kedua setelah PSM Makassar yang baru kebobolan 12 kali.

 

4 dari 5 halaman

Persib Bandung

Di antara semua klub raksasa di BRI Liga 1, Persib Bandung menjadi kontestan yang performanya paling melesat. Catatan istimewa ini tak terlepas dari kehadiran pelatih kepalanya, Luis Milla.

Sebab, tangan dingin juru taktik asal Spanyol itu mampu memberikan sentuhan yang istimewa. Di bawah asuhannya, Maung Bandung sukses mencatatkan sembilan kemenangan dan dua imbang.

Artinya, Persib sama sekali belum tersentuh kekalahan di era kepelatihan Luis Milla. Catatan ini tentu sangat kontras dengan performa Maung Bandung di awal musim ini.

Sebab, mereka sempat mencatatkan dua kemenangan, satu imbang, dan empat kali kalah. Pada tiga laga awalnya saja, mereka sama sekali tak mampu meraih kemenangan.

Bahkan, ada beberapa momen ketika Persib meraih kekalahan memalukan, yakni digulung Madura United (1-3), Borneo FC (1-4), dan PSM Makassar (1-5).

Berkat racikan eks-pelatih Timnas Indonesia itu, tim Pangeran Biru kini melesat ke peringkat ketiga klasemen sementara BRI Liga 1 dengan koleksi 36 poin dari 18 pertandingan.

5 dari 5 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Video Populer

Foto Populer