Sukses


Shayne Pattynama Besok Jadi WNI, Bisa Bela Timnas Indonesia di FIFA Matchday

Bola.com, Jakarta - Shayne Pattynama kemungkinan akan tiba di Jakarta pada Senin (23/1/2023) malam WIB untuk menyandang sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) pada Selasa (24/1/2023).

Lewat akun Instagramnya, @s.pattynama, Shayne Pattynama telah terbang dari Amsterdam Schiphol Airport, Belanda pada Minggu (22/1/2023) malam waktu setempat.

Dilihat dari stories-nya, Shayne Pattynama menaiki pesawat Malaysia Airlines tujuan Jakarta via Kuala Lumpur, Malaysia.

Mengacu dari situs Trip.com, penerbangan bernomor MH5631 itu bakal mendarat di Kuala Lumpur pada Senin (23/1/2023) sore waktu setempat sebelum melanjutkan perjalanan ke Indonesia.

2 dari 5 halaman

Susul Sandy Walsh dan Jordi Amat

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan mengabarkan bahwa Shayne Pattynama bakal resmi menjadi WNI pada Selasa (24/1/2023) setelah Presiden Jokowi menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres).

Bek kelahiran Lelystad, Belanda itu bakal diambil sumpah hingga janji setia kewarganegaraan RI di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DKI Jakarta.

Shayne Pattymana akan menyusul dua pemain keturunan lainnya, Sandy Walsh dan Jordi Amat yang telah lebih dulu dinaturalisasi pada November 2023.

3 dari 5 halaman

Keterangan Iwan Bule

"Terima kasih sebesar-besarnya kepada bapak Presiden Jokowi yang pada telah menandatangani Keppres naturalisasi Shayne," ujar Iriawan di akun Instagramnya, @mochamadiriawan84 beberapa waktu lalu.

"Juga kepada empat kementerian, yakni Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kemenkumham, Kementerian Sekretariat Negara, dan Kementerian Dalam Negeri."

"Juga pihak terkait lainnya yang telah mengawal perjuangan Shayne untuk mewujudkan cita-citanya membela Timnas Indonesia," tutur pria yang karib dipanggil Iwan Bule itu.

4 dari 5 halaman

Tidak Perlu Pindah Asosiasi?

Belum diketahui apakah Shayne Pattymana perlu berpindah asosiasi di FIFA dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke PSSI mengingat ia belum pernah membela Timnas Belanda sejak level usia.

Bola.com telah mencoba menghubungi utusan PSSI yang mengurus naturalisasi pemain keturunan, Hamdan Hamedan namun belum mendapatkan respons sampai Senin (23/1/2023) siang.

5 dari 5 halaman

Debut Shayne Pattynama

Shayne Pattynama kemungkinan sudah bisa membela Timnas Indonesia dalam periode FIFA Matchday terdekat pada 20-28 Maret 2023.

"Semoga proses pengucapan sumpah nanti bisa berjalan lancar. Tentu saja saya dan masyarakat sepak bola Indonesia berharap bisa menyaksikan Shayne berseragam merah-putih, dan berjuang bersama pemain lainnya untuk membawa Timnas Indonesia berprestasi di kancah internasional. Amin," imbuh Iriawan.

Video Populer

Foto Populer