Sukses


5 Fakta Menarik Shayne Pattynama, Pemain yang Baru Dinaturalisasi dan Calon Bek Kiri Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Shayne Pattynama akhirnya resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada Selasa (24/1/2023). Kehadiran Shayne diharapkan mampu membawa dampak positif untuk Timnas Indonesia.

Pemain berusia 24 tahun tersebut mengambil sumpah sebagai WNI di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jakarta, Cawang. Peristiwa bersejarah bagi Shayne Pattynama juga disaksikan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

"Demi Tuhan yang Maha Esa, saya menyatakan dan berjanji dengan sungguh-sungguh melepaskan seluruh kesetiaan saya kepada kekuasaan asing, mengakui, tunduk, dan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pancasila, dan Undang Undang Dasar negara Republik Indonesia tahun 1945, dan akan membelanya dengan sungguh-sungguh serta akan menjalankan kewajiban yang dibebankan negara kepada saya sebagai Warga Negara Indonesia dengan tulus ikhlas. Kiranya Tuhan menolong saya," kata Shayne.

Dengan demikian, Shayne Pattynama menjadi pemain naturalisasi ke-38 sepanjang sejarah sepak bola Indonesia. Data tersebut mengacu ke daftar pemain naturalisasi yang terekspose ke publik.

sejumlah fakta menarik tersaji mengenai sosok Shayne Pattynama, calon pemain belakang andalan Timnas Indonesia. Berikut ini adalah ulasannya.

 

2 dari 6 halaman

Perkuat Klub Kasta Tertinggi Liga Norwegia

Saat ini, Shayne Pattynama tampil di Eliteserien atau kasta tertinggi Liga Norwegia. Pattynama tampil bersama klub Viking FK sejak musim 2021/2022 lalu.

Shayne cukup gemilang bersama Viking FK. Bahkan, dia sempat tampil di fase kualifikasi UEFA Conference League 2022/2023. Sayangnya, Viking FK gagal melangkah ke fase grup selepas kalah dari raksasa Rumania FCSB dengan aggregat gol 3-4.

Sejauh ini, dirinya telah mengoleksi 55 penampilan dengan mencetak dua gol plus enam assist. Pattynama menempati posisi bek kiri semasa tampil di klubnya.

 

3 dari 6 halaman

Mengawali Karier di Belanda

Sebelum ke Norwegia, dia sempat tampil di Eerste Divisie di Belanda dengan membela Jong Utrecht dan Telstar. Pemain bernama lengkap Shayne Elian Jay Pattynama tersebut juga sempat menimba ilmu di akademi sepak bola Ajax Amsterdam.

Bersama Jong Utrecht, dia bermain dalam 41 laga, mencetak satu gol dan satu assist. Adapun ketika memperkuat Telstar, Shayne Pattynama bermain dalam 48 pertandingan, mencetak lima gol dan lima assist.

 

4 dari 6 halaman

Proyeksi Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Shayne Pattynama masuk daftar nama yang diproyeksikan PSSI untuk memperkuat Timnas Indonesia bersama Jordi Amat dan Sandy Walsh. Sayangnya proses naturalisasi Pattynama tak bisa rampung bersama dua rekannya tersebut.

Alhasil, sang pemain tak bisa membela Tim Garuda di Piala AFF 2022. Tanpa kehadiran Shayne Pattynama, Timnas Indonesia gagal dan kandas pada semifinal turnamen antarnegara Asia Tenggara tersebut.

Meski begitu, Pattynama akan menjadi senjata penting bagi Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Kemampuan Pattynama yang fleksibel menjadi keuntungan bagi Shin Tae-Yong dalam meracik formasi di skuadnya.

Kehadiran Pattynama di Tim Garuda akan menambah kekuatan di lini pertahanan Indonesia. Saat ini, ketiga pemain naturalisasi anyar timnas berposisi sebagai pemain belakang.

 

5 dari 6 halaman

Bersaing dengan Pratama Arhan

Shayne Pattynama dikenal sebagai full back. Dia banyak bermain di kiri pertahanan dan membantu serangan saat diperlukan.

Di sepak bola modern, posisi ini sangat penting karena posisi winger kadang diberikan kepada full back. Timnas Indonesia biasanya mengandalkan posisi ini kepada Pratama Arhan.

Pemain Tokyo Verdy ini jarang digantikan posisinya sebagai full back oleh Shin Tae-Yong. Kehadiran Shayne tentu menambah persaingan di sektor tersebut.

Meski begitu, Shayne Pattynama juga dikabarkan bisa main di lini tengah. Ini tentu menjadi tambahan kekuatan buat timnas Indonesia yang sudah punya Marc Klok, Ricky Kambuaya dan Rahmat Irianto.

 

6 dari 6 halaman

Impikan Raih Trofi Juara

Shayne Pattynama mengatakan sudah tidak sabar untuk memperkuat tim nasional Indonesia. Dia berambisi mempersembahkan prestasi bagi Tim Garuda.

"Mimpi saya besar, saya sangat ingin membela timnas Indonesia dan juara bersamanya. Saya berharap proses ini bisa berjalan dengan lancar," tuturnya.

Terdekat Timnas Indonesia akan berlaga di Piala Asia 2023 yang berlangsung pada 16 Juni hingga 16 Juli tahun depan. Diharapkan Shayne Pattynama bisa tampil di ajang tersebut.

Video Populer

Foto Populer