Sukses


Shayne Pattynama Sah Jadi WNI, Iwan Bule: Ini yang Ditunggu-tunggu

Bola.com, Jakarta - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, lega Shayne Pattynama akhirnya resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu berharap kehadiran Shayne bisa berguna untuk Timnas Indonesia.

Shayne Pattynama sah menjadi WNI setelah mengambil sumpah di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jakarta, Cawang, Selasa (24/01/2023).

Peristiwa bersejarah bagi Shayne juga disaksikan langsung oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan dan utusan resmi PSSI untuk proses naturalisasi pemain timnas Indonesia, Hamdan Hamedan.

"Sore hari ini Shayne Pattynama telah resmi menjadi Warga Negara Indonesia setelah diambil sumpahnya," kata Iwan Bule. 

"Alhamdulillah, kami mengucap syukur atas bantuan semuanya. Terima kasih kepada Bapak Presiden, juga kepada DPR Komisi III dan X, kepada Menpora, dan semuanya. Tentu ini yang ditunggu-tunggu oleh kita," lanjutnya.

Shayne Pattynama menjadi pemain naturalisasi ke-38 sepanjang sejarah. Data tersebut mengacu ke daftar pemain naturalisasi yang terekspos di publik.

 

2 dari 3 halaman

Gerak Cepat Urus Dokumen

Mochamad Iriawan menegaskan, pihaknya akan bergerak cepat untuk mengurus dokumen kewarganegaraan milik Shayne Pattynama seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Paspor. Pengurusan itu rencananya akan dilakukan pada Rabu (25/01/2023).

"Rencananya besok kami langsung mengurus KTP dan Paspor. Sebab, dua hari ke depan Shayne harus kembali ke Norwegia," kata Iriawan.

"Kami harapkan cepat. Kami juga akan bersurat ke FIFA untuk pergantian federasi. Sehingga Shayne nanti sudah bisa bermain untuk Timnas kita," ucap Iriawan.

 

3 dari 3 halaman

Dapat Oleh-oleh

Mochamad Iriawan juga mendapatkan oleh-oleh dari Shayne Pattynama setelah prosesi pengambilan sumpah. Pemain berusia 24 tahun itu memberikan kado berupa jersey dan syal Viking FK.

"Shayne memberikan kenang-kenangan kepada saya yakni jersey dari Viking FK," tegas Mochamad Iriawan.

Shayne Pattynama menjadi pemain keempat yang dinaturalisasi pada masa kepemimpinan Mochamad Iriawan di PSSI. Sebelumnya sudah ada Marc Klok, Sandy Walsh, dan Jordi Amat.

Video Populer

Foto Populer